Spanyol Berhasil Raih Emas Olimpiade di Cabang Sepak Bola Putra

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 08:37 WIB
Timnas Spanyol meraih emas di olimpiade Paris 2024. (Foto/instagram/sefutbol).
Timnas Spanyol meraih emas di olimpiade Paris 2024. (Foto/instagram/sefutbol).

BeritaNasional.com - Spanyol berhasil meraih emas dari cabang sepak bola sepak bola putra usai mengalahkan tuan rumah Prancis secara dramatis pada, Sabtu (10/8/2024) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Parc des Princes, Prancis unggul lebih dahulu lewat tendangan Enzo Millot pada menit ke-11 dan gagal dibendung oleh kiper Spanyol.

Beberapa menit berselang, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-18 lewat Fermin Lopez usai menerima Alex Baena. Skor berubah menjadi 1-1.

Spanyol seperti mendapatkan angin dan mampu membalik kedudukan menjadi 2-1 atas Prancis lewat gol Fermin Lopez pada menit ke-25.

Gol itu bermula usai sontekan Abel Ruiz usai menerima umpan silang Juan Miranda dari sisi kiri berhasil dihalau Restes, tetapi Lopez sukses menyambar bola untuk mencetak gol keduanya di laga ini.

Lagi-lagi, serangan yang dibangun oleh Spanyol berbuah gol. Pada menit ke-28 Spanyol berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lewat tendangan bebas Alex Baena yang mengarah ke pojok kanan atas gawang lawan yang gagal dihentikan kiper Prancis.

Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta. Spanyol unggul 3-1 atas Prancis di babak pertama final Olimpiade 2024.

Di awal babak kedua Prancis tampil lebih baik dan terus menekan Spanyol. Usaha Prancis pun berbuah hasil di menit ke-78 setelah Maghnes Akliouche mencetak gol sehingga memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

 Drama terjadi di masa babak injury time kedua usai Arnaud Kalimuendo dijatuhkan oleh Benat Turrientes. Wasit menunjuk titik putih setelah meninjau Video Assistant Referee (VAR) . 

Mateta yang maju sebagai penendang sukses mengecoh Tenas. Skor 3-3 bertahan hingga usai dan pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak pertama extra time. Spanyol kembali unggul pada menit ke-100 lewat Sergio Camello menggunakan tendangan chip indah dan masuk ke dalam gawang Prancis.. Skor 4-3 bertahan hingga extra time babak pertama berakhir.

Prancis mencoba mengejar di waktu yang tersisa, tetapi Camello mencetak gol keduanya pada menit 120+1 melalui serangan balik untuk mengunci kemenangan 5-3. 

Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit, Spanyol dipastikan menjadi pemenang Olimpiade 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: