Penampakan Al-Qur'an Masih Utuh di Lokasi Kebakaran Manggarai, Tampilkan Surah Al Mulk

Oleh: Oke Atmaja
Selasa, 13 Agustus 2024 | 18:39 WIB
Sisa kebakaran di permukiman padat penduduk Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta, Selasa (13/8/2024). (BeritaNasional.com/ Oke Atmaja)
Sisa kebakaran di permukiman padat penduduk Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta, Selasa (13/8/2024). (BeritaNasional.com/ Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Kebakaran melanda permukiman warga di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2024).  Kebakaran itu mengakibatkan ratusan rumah hangus terbakar si jago merah.

Petugas kebakaran pun berjibaku sejak Selasa dini hari untuk memadamkan api yang terus membakar rumah warga. Setidaknya ada 34 mobil pemadam kebakaran bekerja agar api tidak merembet ke bangunan lainnya.

Namun, api menjalar dengan cepat membakar rumah-rumah padat. Menurut catatan BPBD DKI Jakarta ada 4.219 warga mengungsi untuk sementara. Empat ribuan warga itu berasal dari 21 RT yang terdampak.

Sampai sore menuju petugas pemadam kebakaran terus bergerak memadamkan kobaran-kobaran api. BeritaNasional.com pun mencoba untuk melihat secara langsung lokasi kebakaran yang memberikan dampak kepada ribaun keluarga ini.

Nampak kepulan asap masih menyelimuti beberapa rumah yang ada Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta. Rumah pun rata terbakar hanya menyisakan puing bangunan saja dan sisanya hangus terbakar si jago merah.

Akan tetapi, ada pemandangan menarik karena ditemukan sebuah Al-Qur’an yang masih tersisa di antara puing bangunan terbakar. Walaupun ada beberapa bagian yang hangus, tapi Al-Qur'an masih bisa terbaca.

Adapun surah yang terlihat itu adalah Surah Al-Mulk. Surah Al Mulk adalah surat ke 67 yang ada dalam Al-Qur'an dan memiliki 30 ayat. Surah Al Mulk termasuk dalam golongan surat Makiyyah yang diturunkan setelah surat At Tur. 

Surah Al Mulk diambil dari ayat pertama dalam surat ini yaitu Al Mulk yang artinya adalah kekuasaan atau kerajaan.

Dalam surah Al Mulk, dijelaskan mengenai Allah yang menguasai langit serta bumi dan seluruh rahasia di dalamnya. Selain berarti kekuasaan atau kerajaan, surah Al Mulk juga disebut sebagai At Tabaarak yang artinya adalah maha suci.

Surah Al Mulk, seperti surat-surat lainnya dalam Al-Qur'an yang memiliki beberapa keutamaan apabila dibaca secara rutin atau dibaca dengan benar. Salah satu keutamaan surat ini adalah akan membela orang-orang yang membacanya ketika di hari kiamat, kemudian ia akan memohon pada Allah untuk menyelamatkan para penghafal surat ini dari siksa api neraka.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: