Wapres Ma’ruf Amin Berharap Gerakan Pramuka Lahirkan Generasi yang Tangguh

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 14 Agustus 2024 | 11:35 WIB
Wapres berharap Gerakan Pramuka lahirkan generasi yang tangguh (Foto/Setwapres)
Wapres berharap Gerakan Pramuka lahirkan generasi yang tangguh (Foto/Setwapres)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, ketika membaca tema Hari Pramuka ke-63 kali ini, Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI, ia melihat ada dua instrumen yang pengaruhnya kuat sekali bagi kehidupan bermasyarakat, yaitu pramuka dan Pancasila.

"Tri Satya Pramuka memiliki tiga unsur yaitu, religi, nasionalisme, dan kemanusiaan. Ketiganya seolah melebur menjadi satu dengan sila-sila dalam Pancasila," ujarnya. 

Menurutnya, seorang pramuka pastilah seorang Pancasilais dan seorang Pancasilais pasti mencerminkan semangat dan jiwa kepramukaan.

"Oleh karena itu, saya meyakini pramuka akan melahirkan banyak calon pemimpin bangsa yang siap dan tangguh dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks," kata Ma’ruf Amin.

Sejarah menunjukkan, meskipun Indonesia adalah negara besar dan majemuk, dengan nilai-nilai Pancasila, kita mampu menghadapi masa-masa sulit.

Pancasila hadir sebagai instrumen yang mempersatukan kemajemukan suku, agama, ras, etnis, budaya, dan geografis melalui kebinekaan.

Meski begitu, perkembangan dunia yang begitu cepat memunculkan berbagai tantangan mulai dari konflik geopolitik global, perubahan iklim, ancaman ketahanan pangan dan energi, kejahatan teknologi, hingga ketimpangan pembangunan.

"Untuk itu, dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, saya harap Gerakan Pramuka mampu mencegah terjadinya distorsi nilai-nilai Pancasila sehingga nilai-nilai ini harus terjaga eksistensinya dan terinternalisasi pada setiap warga negara," katanya.

Pemerintah, terang dia, terus berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu agama dan berakhlak mulia. Pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka menjadi salah satu instrumen efektif untuk mencetak generasi unggul.

Ke depan, Gerakan Pramuka perlu lebih adaptif dan terus memperbarui model dan cara pembinaan kepada para kader pramuka.

Optimalkan cara-cara kekinian yang efektif untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangga menjadi warga negara Indonesia.

Generasi pramuka Indonesia juga harus terus berani memberikan perbaikan, mengisi ruang-ruang pembangunan dengan berbagai terobosan, sekaligus mengembangkan kapasitas diri sebagai bekal menuju Indonesia Emas 2045.

"Saya ingin menyampaikan beberapa pesan kepada para pemimpin dan kader pramuka. Pertama, wujudkan Gerakan Pramuka yang lebih modern, profesional, dan lincah. Lakukan perbaikan yang konstruktif, solutif, dan memberi manfaat nyata kepada masyarakat demi mewujudkan Gerakan Pramuka sebagai sebuah kekuatan bangsa," ujarnya. 

Kedua, jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengembangan diri bagi generasi penerus bangsa.

"Saya berharap Gerakan Pramuka akan melahirkan generasi yang tetap tangguh, unggul, berdaya saing, dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat dalam upaya kita menuju Indonesia Emas 2045," katanya.

Ketiga, jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk terus merawat harmoni persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gerakan Pramuka adalah salah satu garda terdepan untuk mengajak segenap elemen bangsa memperkukuh pilar-pilar pembangunan dan mencontohkan bagaimana nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam diri menjelma menjadi kebiasaan di dalam keseharian.

"Saya mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-63. Semoga Gerakan Pramuka yang berjiwa Pancasila senantiasa menjadi kekuatan dalam menjaga keutuhan bangsa karena bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya, tidak akan dapat menjadi sebuah bangsa yang mandiri," pungkasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: