Cak Imin Tunggu 19 Agustus soal Kepastian Gabung KIM di Pilgub DKI

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 16:49 WIB
Cak Imin tunggu 19 Agustus soal kepastian gabung KIM (Beritanasional/Elvis)
Cak Imin tunggu 19 Agustus soal kepastian gabung KIM (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan, keputusan PKB akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilgub DKI Jakarta akan terlihat pada tanggal 19 Agustus 2024. Ini bertepatan dengan KIM mengumumkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta 2024.

"Kita tunggu tanggal 19. Kita tunggu, apa yang terjadi I don't know," katanya di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

PKB mengakui sudah lama berkomunikasi dengan KIM mengenai Pilkada Jakarta. Tetapi di internal PKB masih berproses.

"Memang sudah lama berkomunikasi, cari kecocokan, tapi proses itu belum selesai. Karena desk pilkada masih terus mematangkan, sampai pada kesimpulan kira-kira dua hari yang akan datang," kata Cak Imin.

Wakil ketua DPR ini menunggu pengumuman KIM terkait calon gubernur Jakarta pada 19 Agustus. Apakah PKB resmi bergabung atau tidak.

"Kita tunggu aja. Benar apa enggak kita tunggu," kata Cak Imin.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat untuk mengumumkan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta pada Senin (19/8/2024). KIM akan menyampaikan siapa yang akan mendampingi Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jakarta.

"Secara resminya kami sepakat akan mengumumkan pada 19 Agustus kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Sementara itu, nama Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono sudah disebut akan mendampingi Ridwan Kamil. Dasco mengatakan, pihaknya akan secara resmi menyampaikan pada 19 Agustus.

"Ya, itu kan nama yang beredar. Ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong, tapi pokoknya kami resminya umumkan pada tanggal 19 siang atau sore," kata Dasco.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: