Suplai Internet saat Upacara HUT Ke-79 RI di IKN Dipastikan Terpenuhi

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 01:00 WIB
Wifi. (Foto/Freepik)
Wifi. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Suplai kebutuhan internet saat pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) dipastikan terpenuhi dengan baik.

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (PT INTI) sebagai pelaksana proyek infrastruktur Open Network Technology menyediakan teknologi open wifi di IKN.

Infrastruktur ini siap digunakan secara penuh pada HUT RI di IKN pada Sabtu (17/8/2024).

Aksi strategis ini merupakan kolaborasi ekosistem dengan Telecom Infra Project, Telkom University, Telkomsel, NTT Docomo, Edgecore, PLN Icon Plus, dan International Fiber Alliance.

Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara mengungkapkan, “PT INTI (Persero) sangat antusias untuk dapat berkolaborasi dalam menampilkan potensi transformatif Open Network Technology.

“Dengan menghadirkan Open Wifi melalui produk Access Point INTI-AP102AX, kami bermaksud menunjukkan how these innovative solutions can revolutionize connectivity and drive digital transformation across various sectors, terutama di IKN,” urai Edi Witjara, Jumat (16/8/2024) yang dikutip dari laman resmi BUMN.

PT INTI yang berperan sebagai penyedia Open Wifi dan telah menginstal perangkat sistem Access Point INTI-AP102AX yang tersebar di empat titik lokasi.

Yakni, Gedung HPK Heliconia, yang merupakan pusat kantor bersama seluruh instansi pemerintah, termasuk OIKN, Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia.

Selain itu, perangkat sistem Access Point INTI-AP102AX juga terpasang di Kantin 1, Kantin 2, dan rest area IKN.

Keterlibatan PT INTI dalam penyediaan teknologi Open Wifi di upacara Peringatan HUT RI ini merupakan salah satu representasi komitmen untuk terus memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan ekonomi nasional, terutama melalui inovasi produk Perseroan.

“Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami dalam membangun ekosistem jaringan yang terbuka, fleksibel, dan praktis digunakan untuk memperkuat pemerintahan, industri, komunitas, maupun end user,” ucap Edi Witjara.

Deputy Executive General Manager Commercial Engineering PT INTI (Persero) Herwan Herwansyah menjelaskan, untuk memudahkan pengunjung dan semua perangkat pemerintahan di IKN, sinergi ekosistem ini telah menyediakan sebuah aplikasi bernama IKNOW.

Aplikasi yang dimiliki Otorita IKN inilah yang akan memberikan informasi beragam terkait IKN. 

Pengunjung dan perangkat pemerintahan nantinya bisa mengetahui informasi mengenai titik lokasi Open Wifi yang bisa dijangkau dari titik terdekat pengguna.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapat informasi layanan kesehatan dan fasilitas, serta rekomendasi berita, objek wisata, dan hiburan di lingkungan IKN.

Tautan aplikasi IKNOW yang dapat diunduh di http://ikn.go.id/IKNOW-ANDROID (android) dan http://ikn.go.id/IKNOW-IOS (iOS).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: