5 Rekomendasi Wisata Akhir Pekan untuk Mengisi Hari Kemerdekaan Indonesia

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:00 WIB
Merdearia diadakan di Ancol pada 17-18 Agustus 2024. (Foto/inst @disparekrafdki)
Merdearia diadakan di Ancol pada 17-18 Agustus 2024. (Foto/inst @disparekrafdki)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI merekomendasikan wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi masyarakat untuk mengisi hari kemerdekaan Indonesia, mulai dari pameran seni kontemporer hingga Gemilang Silang Monas.

Inilah 5 kegiatan di tempat wisata yang direkomendasikan Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @disparekrafdki:

1. Pameran: Rumpang, Rimpang, Rampung di TMII

Pameran yang bertema Rumpang, Rimpang, Rampung; To Words Shfting Perspectives ini merupakan persembahan dari CultureLabe 

Pameran tersebut berlokasi di Contemporary Art Gallery di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pameran tersebut mencerminkan isu-isu sosial dan politik kontemporer yang menyoroti masalah kesetaraan gender, inklusivitas kecacatan, masalah lingkungan dan kesehatan mental.

Pengunjung bisa menikmati pameran ini mulai 17 Agustus hingga 30 September 2024 dan berbayar. Jam buka pameran tersebut mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Merdekaria Ancol

Taman Impian Jaya Ancol juga menggelar sejumlah kegiatan mulai dari perlombaan khas 17 Agustusan pada pukul 09.00-13.00 WIB.

Ada pula kegiatan panjat pinang kolosal dari jam 14.00-15.00 WIB dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa dinikmati Anda beserta keluarga ketika berkunjung ke Ancol. Anda harus menyiapkan uang karena semua wahana berbayar.

3. Dendang Merdeka Kota Tua

Ada pertunjukan Dendang Merdeka di sekitar Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua Jakarta, yang diselenggarakan mulai dari jam 13.00 WIB hingga 22.45 WIB, tanpa dipungut biaya. 

4. Gebyar Seni Budaya Setu Babakan

Jika Anda ingin melihat dan menyaksikan seni dan budaya khas Betawi, tampaknya harus datang dan berkunjung ke Setu Babakan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Pada Minggu (18/8) di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, terdapat Gebyar Seni Setu Babakan, yang akan menampilkan beragam seni dan budaya Betawi kepada masyarakat yang datang. Anda bisa menyaksikan mulai dari jam 09.00 - 21.00 WIB dan gratis.

5. Gemilang Silang Monas

Acara Gemilang Silang Monas menyuguhkan hiburan konser musik hingga atraksi air mancur menari dan atraksi video maping.

Gemilang Silang Monas ini dimeriahkan sejumlah artis Ibu Kota, seperti Arda Hatna, Badai, Sandrina, Band Angkasa dan lain sebagainya.

Acara tersebut diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (17-18/9) mulai dari jam 17.00 sampai dengan 22.00 WIB, gratis dan terbuka untuk umum.

Dan, banyak lagi agenda yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke DKI Jakarta pada libur akhir pekan ini.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: