Begini Angan-angan Bamsoet jika Jadi Ketum Parpol

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:30 WIB
Bamsoet berangan-angan jadi ketum parpol (Beritanasional/Elvis)
Bamsoet berangan-angan jadi ketum parpol (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam acara Seminar Hari Konstitusi bertajuk 'Refleksi Ketatanegaraan: Quo Vadis Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia' di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan pada Minggu (18/8/2024).

Dalam sambutannya, Bamsoet berangan-angan jika ia menjadi ketua umum partai politik. Lantas, keinginannya itu disambut tepuk tangan dari pada hadirin.

"Kalau saya ketua umum partai politik, saya baru ingin mencalonkan, entah jadi entah nggak, karena saya juga harus menyesuaikan diri dengan keadaan. Harus adaptif," kata Bamsoet sambil tertawa.

Bamsoet mengatakan, Ketua Umum partai politik memiliki peran yang sangat besar. Misalnya, menentukan calon presiden dan wakil presiden yang bakal dipilih oleh rakyat, atau menentukan calon legislatif.

"(Selain itu), sayalah yang menentukan nanti mengusulkan menteri-menteri yang akan menjadi pembantu presiden, sesuai dengan kapasitas atau tidak. Karena faktanya, setelah reformasi banyak menteri-menteri yang diakomodir bukan berdasarkan kapasitas dan kapabilitas," ujar Bamsoet.

"Itu fakta kehidupan demokrasi yang kita jalani saat ini. Jalan keluarnya? Ya kita pikirkan hari ini. Apakah demokrasi kita saat ini lebih banyak manfaatnya, atau mudaratnya," tambahnya.

Seperti yang diketahui, Bamsoet juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Kini, jabatan Ketua Umum Partai Golkar tengah kosong dan diisi oleh seorang Plt.

Bamsoet pun sudah mengungkap bahwa ia akan maju sebagai Calon Ketua Umum Golkar. Ia bakal bersaing dengan Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia.

"Kita masih berproses, kita akan ada pembicaraan. Nanti saya akan ada pembicaraan dengan Pak Agus Gumiwang dan Pak Bahlil, karena dari awal kita sepakat tiga ini sama-sama maju (caketum). Jadi kita akan bicarakan," kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: