Polri Bakal Rayakan Hari Juang Polri untuk Pertama Kalinya pada 21 Agustus 2024

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 18 Agustus 2024 | 19:00 WIB
Hari Juang Polri ditetapkan 21 Agustus 2024 jadi momen sejarah baru. (BeritaNasional/Humas Polri)
Hari Juang Polri ditetapkan 21 Agustus 2024 jadi momen sejarah baru. (BeritaNasional/Humas Polri)

BeritaNasional.com -  Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan merayakan hari bersejarah baru untuk pertama kalinya, yakni Hari Juang Polri, pada 21 Agustus 2024.

Penetapan hari tersebut dilakukan setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Keputusan Kapolri Nomor 95/I/2024 pada 22 Januari 2024.

“Pada tanggal 21 Agustus 2024, Polri akan merayakan Hari Juang Polri untuk pertama kalinya,” kata Jenderal Sigit pada Sabtu (17/8/2024).

Jenderal Sigit menjelaskan bahwa pemilihan tanggal 21 Agustus tidak sembarangan. Pada tanggal tersebut, 21 Agustus 1945, terjadi Proklamasi Polisi Republik Indonesia oleh Polisi Istimewa di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin.

Sekitar 250 anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di halaman markas mereka, yang kini menjadi sekolah Saint Louis di Jalan Polisi Istimewa, Kota Surabaya, Jawa Timur, untuk merayakan peristiwa bersejarah tersebut.

Inspektur Polisi Kelas 1 M. Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi, diikuti oleh seluruh personel Polisi Istimewa.

“Ini adalah momentum pertama kalinya polisi di negeri ini bersatu dengan nama Polisi Republik Indonesia, yang merdeka dari pengaruh penjajah dan sepenuhnya mendukung kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit menegaskan bahwa peristiwa tersebut menandai awal perjalanan sejarah Kepolisian Republik Indonesia, yang dibangun dengan semangat ke-Indonesiaan setelah sebelumnya terpaksa menjalankan tugas untuk kepentingan penjajah, khususnya Jepang.

“Proklamasi ini adalah simbol persatuan tekad, semangat, dan patriotisme polisi Indonesia, yang menjadi tonggak awal sejarah Polisi pribumi,” lanjutnya.

Jenderal Sigit juga menyebutkan bahwa evolusi Polri menjadi salah satu institusi penting di Indonesia dimulai dari Polisi Istimewa, yang sebelumnya dikenal sebagai Tokubetsu Keisatsutai, bentukan Jepang pada tahun 1944.

“Pada 21 Agustus 1945, terjadi peristiwa yang sangat berarti dalam perjuangan dedikasi Polisi Istimewa,” pungkasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: