Ilkay Gundogan Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Alasannya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 20 Agustus 2024 | 10:00 WIB
Ilkay Gundogan berpelukan dengan Manuel Neuer. (Foto/inst @ilkayguendogan)
Ilkay Gundogan berpelukan dengan Manuel Neuer. (Foto/inst @ilkayguendogan)

BeritaNasional.com - Pesepak bola Ilkay Gundogan mengumumkan gantung sepatu dari Tim Nasional (Timnas) Jerman setelah keikutsertaannya dalam Euro 2024.

Keputusannya untuk pensiun dari Timnas Jerman sudah melalui perenungan dalam beberapa minggu terakhir.

 "Setelah beberapa minggu berpikir, saya memutuskan sudah waktunya mengakhiri karier saya di tim nasional," tulis Gundogan dalam media sosial seperti dikutip AFP.

Setelah beberapa minggu berpikir, saya mengambil keputusan sudah waktunya mengakhiri karier tim nasional, tulis Gundogan di media sosial Instagram resmi @ilkayguendogan yang dikutip pada Selasa (20/8/2024).

Gelandang yang kini membela klub Barcelona mencatatkan 82 pertandingan internasional untuk Jerman sejak debutnya pada 2011.

‘’Angka yang tidak pernah saya bayangkan ketika melakukan debut untuk tim nasional senior pada 2011,’’ ungkapnya.

Gundogan mengungkap alasan dirinya gantung sepatu dari timnas berjuluk Der Panser itu. Dia mengaku merasa kelelahan jika harus bermain di dua tim, yaitu Barcelona dan Jerman.

‘’Sebelum turnamen, saya merasakan kelelahan tertentu di tubuh saya dan di kepala saya yang membuat saya berpikir. Sedangkan permainan di level klub dan negara tidak berkurang,’’ tuturnya.

Sementara itu, mantan pemain Man City tersebut merasa bangga telah menjadi kapten timnas di Euro 2024 dan mengharumkan nama bangsa.

‘’Sebuah kehormatan besar karena saya bisa memimpin tim sebagai kapten di Kejuaraan Eropa musim panas lalu. Setelah bertahun-tahun, kami akhirnya berhasil mengharumkan nama bangsa lagi. Fakta bahwa saya bisa berperan dalam hal ini membuat saya sangat bahagia,’’ ucapnya.

Gundogan terus mendukung Timnas Jerman untuk meraih Piala Dunia 2026 karena memiliki pelatih dan komposisi pemain yang fantastis. 

‘’Selanjutnya, tidak ada salahnya menjadi salah satu penantang gelar terdekat di Piala Dunia 2026. Kami memiliki pelatih yang fantastis, tim yang sangat kuat, dan semangat tim yang hebat,’’ tandasnya.

Sebelum Gundogan, nama Toni Kroos dan Thomas Mueller memutuskan pensiun dari Timnas Jerman. 

Kroos pensiun setelah Euro 2024, sedangkan Mueller mengakhiri karier internasionalnya bulan lalu.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: