Menlu Retno Raih Penghargaan dari Pemerintah Palestina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 20 Agustus 2024 | 13:00 WIB
Menlu Retno raih penghargaan dari Palestine (Foto/Kemenlu RI)
Menlu Retno raih penghargaan dari Palestine (Foto/Kemenlu RI)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi diberi penghargaan nasional oleh Palestina Star of Merit of the Order of the State of Palestine. Ini merupakan apresiasi atas jasanya mendukung perjuangan rakyat Palestina selama ini.

Retno mengatakan, penghargaan yang diserahkan oleh Penasihat Presiden Palestina untuk Urusan Luar Negeri Riyad Al-Maliki tersebut merupakan bentuk pengakuan pemerintah Palestina terhadap perannya yang terus menyuarakan dan membela hak Palestina di kancah internasional

“Namun, intinya bukan pada medalinya, tetapi pada konsistensi kita membela Palestina karena itu adalah amanah konstitusi kita,” kata Retno.

Al-Maliki memberikan penghargaan tersebut usai Retno menyampaikan sambutannya saat meresmikan pemugaran Gedung Pancasila di kompleks Kemlu RI. Retno segera mengenakan kalung penghargaan tersebut usai menerimanya.

“Palestina sendiri merupakan negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Retno.

Dikutip dari Antara, Penasihat Presiden Palestina Al-Maliki menyatakan, penghargaan tersebut mencerminkan eratnya hubungan antara Indonesia dan Palestina, khususnya antara Retno dengan dirinya sebagai sejawat menteri luar negeri.

“Beliau telah menjadi Menlu selama 10 tahun, sementara saya 17 tahun. Kami sering bertemu, berkoordinasi, dan bahkan berstrategi bersama demi membela perjuangan bangsa Palestina,” katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: