Meski Dipaksa Mundur, di Konvensi Joe Biden Dukung Kamala Harris

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 21 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Joe Biden terus dukung Kamala Harris (Foto/Newsx)
Joe Biden terus dukung Kamala Harris (Foto/Newsx)

BeritaNasional.com - Dalam Konvensi Partai Demokrat di  United Center, di Chicago, Presiden AS Joe Biden mendukung pencalonan Wapres AS Kamala Harris.

“Harris akan jadi presiden panutan anak-anak kita. Ia akan menjadi presiden yang dihormati para pemimpin dunia. Ia akan menjadi presiden yang bisa mengubah masa depan Amerika,” ujar Biden.

Pada awalnya konvensi akan mengukuhkan Biden sebagai capres Partai Demokrat. Namun Juli lalu, Biden mundur dari pencalonan karena tekanan para politisi Demokrat yang menilai penampilannya saat kampanye makin kacau. 

Pakar Sejarah Presiden AS Thomas Scwhartz mengatakan, Joe Biden merupakan presiden satu periode yang dipaksa mundur oleh para pemimpin Partai Demokrat. "Ia diminta untuk memberikan dukungan  kepada Kamala Harris. Tak perlu analisis seorang Sigmund Freud, perasaan Biden mungkin campur aduk mengenai hal ini.”

Capres dari Partai Republik, Donald Trump mengatakan, pergantian capres dari Biden ke Harris merupakan kudeta dalam kampanyenya. 

“Mereka memaksa Joe Biden mundur. Itu merupakan kudeta. Kita menyaksikan sebuah kudeta. Itu adalah kudeta pertama yang terjadi dalam sejarah negara kita,” kata Trump dikutip dari VOA.

Namun Biden tetap mendukung Harris, "Mari kita pilih mantan jaksa, Harris. Angka kejahatan akan terus menurun ketika kita memilih seorang jaksa untuk bekerja di Oval Office, alih-alih seorang penjahat (Trump)."sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: