Lintasarta Hadirkan GPU Merdeka untuk Dorong Transformasi Digital Indonesia

Oleh: Imantoko Kurniadi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 23:00 WIB
GPU Merdeka diklaim mampu percepat pengembangan AI Nasional. (BeritaNasional/doc. Indosat)
GPU Merdeka diklaim mampu percepat pengembangan AI Nasional. (BeritaNasional/doc. Indosat)

BeritaNasional.com -  Lintasarta secara resmi meluncurkan GPU Merdeka, sebuah layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS),  Rabu, (21/8/2024).

GPU Merdeka ini merupakan bagian dari Sovereign AI Cloud dari NVIDIA, dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi mutakhir yang menjadi terobosan dalam infrastruktur AI di Indonesia.

Teknologi ini menawarkan infrastruktur AI cloud yang memungkinkan akses ke GPU tercanggih dari NVIDIA, mendukung berbagai aplikasi mulai dari Generative AI, machine learning, hingga rendering dan CAD dengan efisiensi energi dan biaya yang optimal. Sovereign AI Cloud ini akan memperkuat posisi Lintasarta sebagai pemimpin AI cloud di Indonesia, mendorong inovasi teknologi dan transformasi digital di berbagai industri.

Dengan infrastruktur yang sepenuhnya berada di Indonesia dan dikelola oleh tenaga profesional lokal, GPU Merdeka mendukung pertumbuhan industri dan ekosistem nasional.

Lintasarta juga akan meluncurkan AI Nation Program untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI di tanah air, dengan tujuan membangun ekosistem AI yang berkelanjutan.

"Kemajuan teknologi digital merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan ekosistem digital yang kuat agar mampu bersaing di tingkat global," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam peluncurannya.

GPU Merdeka yang didukung oleh NVIDIA, menghadirkan server High Performance GPU dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam 1 server. Konfigurasi yang menghadirkan kapabilitas untuk AI generatif dan memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh GPU NVIDIA generasi sebelumnya.

Keunggulan tersebut sangat tepat digunakan pada aplikasi yang membutuhkan akurasi tinggi seperti TNavigator dan SLB Petrel High Performance Computing pada industri oil and gas. NVIDIA H100 SXM pada GPU Merdeka dapat menangani beban kerja AI generatif tingkat lanjut dengan dukungan bandwidth 3.35 TB/s.

Fitur canggih lainnya adalah H100 GPU features third-generation RT Cores  yang ideal untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD.

GPU Merdeka mendapatkan dukungan infrastruktur data center AI hingga 20 KW per rack, fitur connectivity data center hingga 3.2 Tbps Infiniband RDMA per server, dan NVIDIA GPUDirect access to storage yang akan meningkatkan performansi layanan secara keseluruhan. Pelanggan GPU Merdeka akan dibebaskan akses untuk trafik internet up to 100 Gbps dengan proteksi DDoS yang memberikan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi.

"Kehadiran teknologi mutakhir ini adalah sebuah pencapaian besar bagi kita, karena seluruh elemennya, mulai dari infrastruktur hingga pengelolaannya, berada di Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita kita untuk mendorong Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat secara digital, khususnya dalam mengadopsi teknologi seperti kecerdasan buatan.,” ucapnya lebih lanjut.

Sementara President Director and  CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menambahkan peluncuran GPU Merdeka milik Lintasarta. Sebagai bagian dari Indosat Group, Lintasarta memainkan peranan penting dalam perjalanan transformatif kami menjadi AI-Native TechCo.

"Kami percaya dengan teknologi dan kemampuan yang ditawarkan oleh Lintasarta dapat membawa Indosat Group selangkah lebih dekat untuk mewujudkan tujuan besarnya dalam memberdayakan Indonesia dan mendorong terwujudnya visi Indonesia Emas 2045,” tutupnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: