India Kembangkan Vaksin Monkeypox

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 22 Agustus 2024 | 15:30 WIB
Ilustrasi vaksin Monkeypox (Foto/Unsplash)
Ilustrasi vaksin Monkeypox (Foto/Unsplash)

BeritaNasional.com - Penyakit Monkeypox atau cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet. Virus ini berasal dari kelompok virus yang sama dengan virus cacar.

Virus ini pada awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun kini virus cacar monyet menular antar manusia, terutama menular antara kaum gay yang sering melakukan kontak fisik intens.

Menghadapi virus Monkeypox, produsen vaksin utama di India, Serum Institute of India (SII) sedang mengembangkan vaksin Monkeypox dengan hasil positif diharapkan tercapai dalam waktu satu tahun.

"Mengingat keadaan darurat kesehatan global yang dinyatakan akibat wabah Monkeypox, SII tengah berupaya mengembangkan vaksin untuk penyakit ini guna menyelamatkan jutaan jiwa yang mungkin terancam," kata CEO SII Adar Poonawalla.

"Kami harap bisa punya lebih banyak pembaruan dan berita positif untuk dibagikan dalam waktu satu tahun," ujarnya.

Dikutip dari The Times of India, Pemerintah India mengeluarkan seperangkat pedoman, yang merekomendasikan untuk mengisolasi orang-orang yang diduga terinfeksi Monkeypox.

Pemerintah India juga menginstruksikan Institut Virologi Nasional (NIV) untuk menguji sampel virus.

Dikutip dari Antara, Monkeypox meski menular, biasanya merupakan penyakit ringan yang dapat disembuhkan oleh sebagian besar orang dalam beberapa pekan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: