Situasi Memburuk di Myanmar, Banyak Orang Mengungsi

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 22 Agustus 2024 | 23:00 WIB
Banyak orang mengungsi (Foto/Pixabay)
Banyak orang mengungsi (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan, situasi memburuk di wilayah bagian utara di Shan, Mandalay, dan di negara bagian Rakhine di Myanmar memicu warga mengungsi.

Dujarric mengatakan, berbagai laporan menunjukkan permusuhan yang meningkat di Rakhine telah menimbulkan korban dan pengungsian baru, khususnya di Kota Maungdaw, di perbatasan dengan Bangladesh.

Pada 5 Agustus, sekitar 20.000 orang dikabarkan mengungsi dari tiga wilayah di pusat kota Maungdaw. “Namun ada juga laporan tentang lebih banyak orang yang menyeberang ke Bangladesh,” kata Dujarric.

"Di bagian utara Shan, telah terjadi lagi pertempuran sejak akhir Juni, dengan perkiraan 33 ribu orang mengungsi dari empat kota. Ada juga laporan mengenai korban warga sipil. Rumah-rumah dan bangunan lain yang juga telah hancur menurut informasi yang kami terima,” tambahnya.

Dikutip dari VOA, hujan monsun yang lebat sejak akhir Juni, kata dia, juga memperburuk situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan. “Sekitar 393 ribu lelaki, perempuan dan anak-anak telah terdampak oleh banjir.”
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: