Zulhas Terpilih Aklamasi sebagai Ketum PAN, Hatta Rajasa Ketua Majelis Penasihat

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 23 Agustus 2024 | 22:54 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (BeritaNasional/Ahda).
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Zulkifli Hasan terpilih aklamasi sebagai ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029. Hal itu berdasarkan hasil Rapat Pleno Kongres PAN di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Jumat (23/8/2024) malam.

Zulhas terpilih secara aklamasi karena didukung dan diusulkan oleh 38 DPW dan 514 DPD sebagai ketua umum periode 2024-2029. Zulhas merupakan calon ketua umum tunggal.

"Saudaraku Zulhas di pleno 5 menjadi Ketua Umum terpilih PAN periode 2024-2029 secara aklamasi, bulat, mufakat dan seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD yang telah mengusulkan dukungannya menyatakan persetujuan," ujar Ketua Steering Committee Kongres PAN Viva Yoga Mauladi usai rapat pleno.

Kemudian, Zulhas diberikan kewenangan oleh Kongres untuk memiliki ketua majelis penasihat berdasarkan AD/ART partai. Zulhas menunjuk Hatta Rajasa menjadi ketua majelis penasihat partai (MPP).

"Tadi telah ditetapkan untuk Ketua Majelis Penasehat tetap, yaitu Saudaraku Hatta Rajasa. Pak Hatta yang akan terus menemani kami di DPP PAN dalam 5 tahun depan," kata Viva.

Kemudian, Zulhas sebagai formatur tunggal akan menyusun kepengurusan sendiri. Zulhas diberikan waktu paling lama 30 hari.

"Untuk kepengurusan, nanti sebagai formatur tunggal Zulhas akan menyusun pengurus dan nanti akan diserahkan kepengurusan baru DPP PAN periode 2024-2029 ke Kemenkumham," kata Viva.

Pemilih Zulhas secara aklamasi karena belajar dari Kongres tahun 2020 di Kendari. Saat ini Kongres berlangsung ricuh.

"Jadi akhirnya dibutuhkan secara aklamasi kita akan memperjuangkan Partai Amat Nasional untuk berkompetisi secara eksternal di dalam pemilu 2029 dan target bisa masuk ke dalam tiga besar partai politik pemilu-pemilu 2029," kata Viva.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: