Resmi Jadi Capres Demokrat, Kamala Harris Serukan Gencatan Senjata di Gaza Diakhiri

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 24 Agustus 2024 | 10:01 WIB
Calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris saat berkampanye. (Foto/X/@KamalaHarris)
Calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris saat berkampanye. (Foto/X/@KamalaHarris)

BeritaNasional.com - Calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris berbicara mengenai konflik yang ada di Gaza. Dia berjanji akan menyelesaikan gencatan senjata antara kelompok milisi Hamas Palestina dan Israel.

Hal itu disampaikan Harris dalam pidatonya, Kamis (22/8/2024) setelah  mendapatkan pencalonan di Pilpres dari Partai Demokrat.

Harris menyampaikan janji untuk mengamankan Israel, membawa pulang para sandera dari Gaza, dan mengakhiri perang di daerah kantong Palestina tersebut.

"Sekaranglah saatnya untuk menyelesaikan kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata," katanya disambut sorak sorai sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (24/8/2024).

Menurut Harris, apa yang terjadi di Gaza selama 10 bulan terakhir sangat menghancurkan. Apalagi, banyak nyawa tak berdosa hilang dan banyak orang kelaparan.

"Apa yang terjadi di Gaza selama 10 bulan terakhir sangat menghancurkan. Begitu banyak nyawa tak berdosa yang hilang, orang-orang yang putus asa dan kelaparan terus-menerus melarikan diri demi keselamatan. Skala penderitaan ini sangat memilukan," ucapnya.

Lebih jauh, dia mengklaim selama ini Presiden Amerika Serikat Joe Biden selalu berupaya mengakhiri konflik perang di Jalur Gaza.

"Presiden Biden dan saya berupaya mengakhiri perang ini sehingga Israel aman, para sandera dibebaskan, penderitaan di Gaza berakhir, dan rakyat Palestina dapat mewujudkan hak mereka atas martabat, keamanan, kebebasan, dan penentuan nasib sendiri," tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: