Kim Jong Un Minta Dilakukan Produksi Drone Bunuh Diri  Skala Besar

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 27 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Kim Jong Un  minta produksi drone dipercepat (Foto/KCNA)
Kim Jong Un minta produksi drone dipercepat (Foto/KCNA)

BeritaNasional.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan peluncuran pesawat nirawak atau drone bunuh diri yang dapat menghancurkan target uji secara jitu.

Ia meminta para peneliti segera mempercepat pengembangan kecerdasan buatan untuk drone tersebut. 

Kim mengunjungi Institut Pesawat Nirawak Akademi Ilmu Pertahanan Korea Utara. Dalam kunjungannya, ia menyaksikan uji coba drone yang sukses mengidentifikasi dan menghancurkan target dengan akurat setelah terbang pada rute yang telah ditentukan.

Dikutip dari KCNA, Kim mendesak dilakukannya produksi drone bunuh diri dalam skala besar untuk mendukung infanteri taktis dan unit operasi khusus, seperti drone serangan bunuh diri bawah air. Selain itu juga drone pengintaian strategis dan untuk serangan multiguna.

Amunisi yang dapat beroperasi secara mandiri itu biasanya bisa beroperasi di udara. Lalu menyerang dengan menabrak target menggunakan hulu ledak bawaan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, perlu dilakukan analisis lebih lanjut ketika ditanya mengenai kesamaan visual antara beberapa pesawat nirawak Korea Utara dengan ZALA Lancet Rusia serta Shahed yang dirancang oleh Iran dan juga digunakan oleh Rusia.

“Kami memahami bahwa beberapa hadiah, termasuk pesawat nirawak, diberikan dalam pertukaran antara Korea Utara dan Rusia di masa lalu. Kami perlu menganalisis berbagai Langkah untuk menilai apakah hal tersebut telah meningkatkan kinerja,” ujarnya.

Dikutip dari VOA, Kementerian Unifikasi Seoul mengatakan, ini merupakan pertama kalinya Korut menyebutkan drone bunuh diri.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: