BSSN Dukung Pembentukan Angkatan Siber Sebagai Matra Keempat TNI

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 02 September 2024 | 18:14 WIB
Kepala BSSN Hinsa Siburian. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Kepala BSSN Hinsa Siburian. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, menyatakan dukungannya terhadap rencana pembentukan Angkatan Siber sebagai matra keempat di Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Pada prinsipnya, BSSN mendukung kebijakan pemerintah," ujar Hinsa usai rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, (2/8/2024).

Menurut Hinsa, gagasan tersebut sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi saat ini. Jika melihat perkembangan internasional, tantangan di bidang siber terus meningkat dan membutuhkan respons yang adaptif.

Meskipun ada usulan untuk membentuk matra baru di TNI yang fokus pada bidang siber, Hinsa menyatakan bahwa BSSN sejauh ini belum melakukan pembicaraan terkait hal tersebut dengan DPR.

"Tantangan terus berkembang, dan kita harus bisa beradaptasi sesuai dengan perkembangan tersebut," kata Letnan Jenderal TNI (Purn.) itu.

Sebelumnya, pada 16 Agustus, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, menyatakan bahwa sudah saatnya Indonesia mempersiapkan pembentukan matra keempat di TNI dengan menghadirkan Angkatan Siber.

"Kehadiran Angkatan Siber ini akan memperkuat tiga matra yang sudah ada, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Bamsoet dalam Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Bamsoet menambahkan bahwa pembentukan Angkatan Siber sangat penting mengingat posisi geopolitik Indonesia yang strategis, berhadapan langsung dengan negara-negara persemakmuran Inggris seperti Malaysia, Singapura, dan Australia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: