Harga Solar Melonjak Naik, Ribuan Warga Kolombia Terpaksa Jalan Kaki

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 04 September 2024 | 20:00 WIB
Harga solar di Kolombia naik (Foto/Freepik)
Harga solar di Kolombia naik (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Ribuan warga Kolombia berduyun-duyun jalan kaki menuju kantor mereka. Hal ini terjadi karena Pemerintah Kolombia menaikkan harga solar.

Menanggapi hal ini para pengemudi truk di kota-kota besar melakukan unjuk rasa besar-besaran. Mereka memblokade jalan raya untuk memprotes kenaikan harga solar yang sangat melonjak naik.

Serikat pekerja truk menyatakan, rencana pemerintah untuk menghilangkan subsidi bahan bakar diesel akan membuat bisnis mereka menuju kebangkrutan.

Pemerintahan Presiden Kolombia Gustavo Petro menilai, subsidi harus dihapus secara bertahap. Ini dilakukan guna mengurangi defisit anggaran yang semakin besar, dan mengalihkan lebih banyak anggaran untuk pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah Kolombia mulai Sabtu lalu menaikkan harga solar menjadi sekitar US$2,90 per galon. Dikutip dari VOA, menanggapi hal itu, serikat pekerja melangsungkan unjuk rasa di berbagai pelosok Kolombia. Unjuk rasa ini berlangsung selama berhari-hari.

Para pengunjuk rasa berteriak-teriak di jalanan. Mereka juga memasang penghalang jalan di Kota Bogota, Medellin dan Cali. Akibatnya banyak orang terpaksa harus jalan kaki.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: