Presiden Jokowi Siap Temani Paus Fransiskus Berkeliling Sapa Jemaat Sebelum Misa Agung Dimulai

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 04 September 2024 | 17:21 WIB
Jokowi siap temani Paus (Foto/Youtube Setpres)
Jokowi siap temani Paus (Foto/Youtube Setpres)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di GBK pada Kamis (4/9/2024) pukul 17.00 WIB. Misa ini akan digelar di Stadion Utama dan Stadion Madya GBK.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendampingi Paus Fransiskus dalam perjalanan ke GBK.

"Presiden itu berharap dapat memberikan dalam kepada Paus Fransiskus ketika beliau datang ke Stadion Madya. Jadi tidak masuk GBK," kata Kardinal Suharyo kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Bersama Paus Fransiskus, Jokowi akan menyalami para jemaat yang hendak beribadah.

"Pak Presiden menurut rencana kemarin, saya gak tahu akan berubah atau apa, Presiden juga akan menyalami 'Selamat menjalankan ibadah' lalu kembali," ujar Kardinal Suharyo.

Di kesempatan yang sama, Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan bahwa Stadion Utama GBK akan diisi oleh 60.000 umat.

Sedangkan, Stadion Madya akan diisi oleh 26.000 umat yang berasal dari komunitas pendidikan, mulai dari anak sekolah, mahasiwa, guru, hingga dosen.

"Teman-teman di GBK sedang gladi bersih untuk semua acara tersebut," ujar Ulun.

Adapun Paus Fransiskus akan berganti mobil menjadi Maung MV3 buatan PT Pindad. Mobil Maung juga merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

"Itu akan keliling di Stadion Madya dan akan memberkati komunitas pengajar. Setelah itu beliau akan menuju Stadion Utama, keliling juga menyapa umat yang hadir," tambah Ulun.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: