Perlunya Pembentukan Dewan Kebudayaan Nasional Demi Lestarikan Adat dan Budaya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 05 September 2024 | 05:30 WIB
Ilustrasi adat dan budaya Nusantara (Foto/Kemenparekraf)
Ilustrasi adat dan budaya Nusantara (Foto/Kemenparekraf)

BeritaNasional.com - Dewan Pimpinan Pusat Masyarakat Adat Nusantara (Matra) berharap agar Pemerintahan Prabowo-Gibran nanti membentuk Dewan Kebudayaan Nasional.

Menurutnya Dewan Kebudayaan Nasional penting untuk melestarikan adat, kebudayaan, serta memelihara nilai-nilai di masyarakat. "Ini bisa jadi langkah besar untuk memajukan dan melestarikan nilai-nilai yang hidup di masyarakat adat," kata Wakil Ketua Umum I DPP Matra, KPH H. Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat.

Di tingkat nasional pemerintah perlu membentuk Dewan Kebudayaan Nasional yang khusus mewadahi masyarakat adat dari Sabang sampai Merauke.

Ia yakin, ide itu akan disambut baik masyarakat adat sehingga pelestarian nilai-nilai yang hidup tetap terpelihara dengan baik.

Yusuf mengatakan, Dewan Kebudayaan Nasional bisa berperan dalam mengambil kebijakan-kebijakan penting terkait pelestarian adat dan budaya. Apalagi saat ini adanya akulturasi bisa jadi ancaman nyata bagi kebudayaan Nusantara.

Dikutip dari Antara, ia mengingatkan, jika masyarakat dan pemangku kepentingan terutama masyarakat adat tidak pernah lagi melakukan kegiatan adat dan budaya, maka pelan-pelan hal itu jadi penyebab terkikisnya nilai-nilai adat yang selama ini dipelihara.

Oleh karena itu, pemerintah yang akan dayang harus memberikan perhatian lebih terhadap masyarakat adat dan tokoh-tokoh adat yang ada di Nusantara. Ini merupakan cara melestarikan adat dan budaya lokal.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: