Tanpa Petahana, Siapa Pemenang di Jawa Barat?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 08 September 2024 | 17:01 WIB
Calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat. (BeritaNasional/Candra).
Calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat. (BeritaNasional/Candra).

BeritaNasional.com - Empat pasangan calon gubernur akan bertarung di Pilgub Jawa Barat 2024. Keempat calon yang maju sama sekali tidak ada sosok calon gubernur petahana.

Empat pasangan calon gubernur itu adalah Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, Jeje Wiradinata-Ronal Supradja, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, dan Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina.

Berikut rangkuman sosok pasangan calon gubernur Jawa Barat 2024:

1. Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan

Pasangan ini merupakan jagoan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jawa Barat. Dedi-Erwan diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dedi Mulyadi merupakan politikus Partai Gerindra. Ia terakhir mengemban jabatan sebagai anggota DPR dan wakil ketua Komisi IV ketika terpilih sebagai caleg dari Partai Golkar.

Dedi adalah mantan Bupati Purwakarta dua periode. Dedi juga pernah maju sebagai calon gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Dedy Mizwar diusung Partai Golkar pada Pilkada 2018. Namun, Dedi kalah dari Ridwan Kamil-Uu

Sementara, Erwan Setiawan merupakan politikus Partai Golkar yang terakhir menjabat sebagai wakil bupati Sumedang periode 2018-2023.

Erwan merupakan anak dari mantan pelatih Persib Bandung Umuh Muchtar.

2. Jeje Wiradinata-Ronal Supradja

Jeje-Ronal merupakan pasangan calon gubernur Jawa Barat yang diusung oleh PDI Perjuangan. Pasangan ini didaftarkan detik-detik terakhir setelah drama pencalonan Anies Baswedan di Jawa Barat batal.

Jeje Wiradinata merupakan Bupati Pangandaran dua periode sejak 2016. Politikus PDIP ini juga merupakan wakil Bupati Ciamis pada 2014-2015.

Sementara, wakilnya, Ronal Supradja merupakan selebriti yang menjadi politisi. Ronal merupakan komedian yang terkenal dalam acara komedi Extravaganza. Selain itu, Ronal juga meniti karir sebagai seorang penyiar radio.

3. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie

Duet Syaikhu-Ilham diusung oleh tiga partai, PKS, NasDem, dan PPP. 

Syaikhu merupakan ketua umum alias presiden PKS. Ia juga anggota DPR RI periode 2019-2024 yang duduk di Komisi V.

Syaikhu juga punya pengalaman sebagai kepala daerah ketika menjabat sebagai wakil wali kota Bekasi periode 2013-2018. Pada Pilkada 2018, Syaikhu maju sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Sudrajat. Namun, kalah dari Ridwan Kamil-Uu sebagai suara terbanyak kedua.

Pendamping Syaikhu merupakan putra dari Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Habibie. Ilham merupakan akademisi dan peneliti. Pilkada 2024 ini menjadi awal mula karir politiknya ketika dideklarasikan sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur oleh Partai NasDem.

4. Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina.

Pasangan Acep Adang-Gita diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Acep merupakan politikus yang lama berkarir di PKB. Acep merupakan anggota DPR dua periode yang sudah menjabat dari 2014 hingga sekarang. Sebelumnya, ia pernah menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Acep merupakan adik mantan Rais Aam PBNU Kiai Ilyas Ruhiyat. Acep yang dikenal sebagai Kiai Adang ini juga aktif mengelola pondok pesantres sebagai ketua yayasan Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya.

Wakil dari Kiai Adang adalah penyanyi dangdut yang dikenal sebagai Gita KDI. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR Fraksi PKB pada periode 2011-2014.

Saat menjadi penyanyi dangdut, karirnya melejir ketika menjuarai KDI atau Kontes Dangdut TPI.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: