Dengan Ucapkan Basmalah, Jokowi Resmi Buka PON XXI Aceh-Sumut

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 10 September 2024 | 01:00 WIB
Presiden Jokowi saat membuka PON XXI Aceh-Sumut. (Foto/tangkapan layar YT Setpres)
Presiden Jokowi saat membuka PON XXI Aceh-Sumut. (Foto/tangkapan layar YT Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhong Raya, Banda Aceh, pada Senin (9/9/2024) malam.

Jokowi juga memberikan selamat dan semangat kepada sekitar 13 ribu atlet yang bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional empat tahunan yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024 itu.

Tak lupa, Jokowi mengungkapkan teurimong gaseh yang berarti terima kasih dalam bahasa Aceh. Ungkapan itu ditujukan kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON XXI.

"Malam ini kita semua bergembira, malam ini kita semua bersemangat menyambut pesta olahraga terbesar di tanah air Indonesia. Malam ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih, teurimong gaseh, untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON XXI Aceh-Sumut pada malam hari ini," ucapnya melalui akun YouTube Setpres pada Senin (9/9/2024).

 Jokowi menegaskan, melalui ajang ini, lahir banyak atlet terbaik bangsa, pemecah rekor dunia, dan calon peraih medali emas di Asian Games, Sea Games maupun di ajang olimpiade,

Menurut Jokowi, PON juga menjadi ajang untuk semakin mempererat persatuan dan memperkokoh tali persaudaraan sebagai sebuah bangsa.

Jokowi berpesan agar memegang teguh sportivitas dan fair play. Dia mengajak semua pihak merayakan PON XXI Aceh-Sumut dengan semangat kebersamaan, sportivitas dan kegembiraan, untuk mengukir prestasi.

"Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut saya nyatakan dibuka. Terima kasih," kata Jokowi.

PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multievent nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Ada 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: