Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Ditahan Imbang Australia 0-0

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 10 September 2024 | 21:10 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia bermain imbang dengan Australia dalam putaran ketiga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Merah Putih ditahan imbang oleh Australia dengan skor 0-0.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB, Timnas Indonesia berupaya menyerang sejak menit awal. Peluang pertama diciptakan oleh Sandy Walsh ke gawang Australia.

Peluang ini bermula dari Sandy Walsh yang menusuk ke dalam kotak penalti kemudian melepaskan tembakan mendata namun bisa dihalau oleh Mat Ryan, dan bola liar disambar oleh Rafael Struick tapi kembali ditepis.

Namun, pelan tapi pasti Australia keluar dari tekanan. Ia mengancam gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Maarten Paes. Pada menit ke-20 penjaga gawang asal FC Dallas ini membuat dua penyelamatan.

Pertama, Maarten Paes menepis umpan silang dari Jackson Irvine dan kemudian menahan tembakan Harry Souttar meskipun membentur pemain. Gawang Indonesia pun masih aman dari kebobolan.

Maarten Paes lagi-lagi terbang melakukan penyelamatan gemilang. Ia menepis sundulan Harry Souttar usai menerima sepak pojok.

Australia tak gentar memberikan serangan untuk membobol gawang Indonesia. Kali ini, sepakan Nestory Irakunda keras namun membentur mistar gawang, tapi bola muntah mengenai kaki Maarten Paes tapi tidak masuk ke gawang.

Sampai akhir babak pertama, Indonesia tidak bisa keluar dari tekanan. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian yakni memasukan Witan untuk menggantikan Rafael Struick. Pergantian ini memberikan dampak positif kepada permainan Timnas Indonesia.

Awal babak kedua, Indonesia sempat memberikan ancaman setelah Witan Sulaeman dan Sandy Walsh melakukan umpan satu dua di sisi kanan, kemudian diakhiri umpan silang Witan. Sayang bola masih bisa dibuang bek Australia.

Beberapa menit berselang, Marselino Ferdinan mencoba melepaskan tendangan melengkung dari sisi kiri kotak penalti Australia. Akan tetapi tendangannya masih melambung jauh.

Australia kembali memberikan ancaman bagi Timnas Indonesia, Kali ini tendangan Craig Goodwin melalui sepakan bebasnya dan bola kencang masih bisa ditangkap oleh Maarten Paes.

Maarten Paes lagi-lagi berhasil mengamankan gawang Timnas Indonesia. Peluang emas Australia kini datang dari Adam Taggart setelah memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti. Namun, bola masih bisa diamankan Paes.

Saling serang terjadi di menit pertengahan babak kedua baik dari Indonesia maupun Australia. 

Australia mengurung pertahanan Indonesia. Namun, selalu dimentahkan oleh Rizky Ridho, Justin Hubner ataupun Jay Idzes. Selain Paes, ketiga bek Indonesia tampil solid menjaga lini pertahanan Indonesia.

Akan tetapi, memasuki menit 90 jual beli serangan terjadi. Serangan dibangun oleh Indonesia dipatahkan oleh Australia, kemudian Australia melakukan serangan balik yang akhirnya dipatahkan kembali oleh lini pertahanan Indonesia.

Hingga peluit akhir dibunyikan oleh wasit skor 0-0 tidak berubah. Kedua tim harus berbagi satu poin di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: