Membanggakan, Finalis Miss World Peru Kenakan Batik Indonesia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 12 September 2024 | 04:30 WIB
Ilustrasi finalis Miss World Peru pakai batik (Foto/Kemenlu)
Ilustrasi finalis Miss World Peru pakai batik (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lima, Peru sukses menggelar Festival Budaya Indonesia yang pertama kalinya di Ibu Kota Lima.

Namun ada hal istimewa selama berlangsungnya festival budaya tersebut, yaitu  kehadiran Miss World Peru 2023 beserta finalis Miss World Peru 2024 lainnya.

Kedua puluh finalis Miss World Peru yang hadir mengenakan atribut selendang Batik Seno Kelir, yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Pekalongan, Jawa Tengah.

"Melalui perhelatan ini, batik produk UMKM Tanah Air telah menjadi perhatian dunia, khususnya masyarakat di kawasan Amerika Latin.  Kemlu berkomitmen untuk terus mengusung promosi produk-produk UMKM karya anak negeri di berbagai negara," kata Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri, Umar Hadi.

Kehadiran finalis Miss World Peru memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Festival Budaya Indonesia. Apalagi mereka semua tampak cantik memakai batik dari Indonesia.

Salah satu finalis Miss World Peru Arianna Santoyo mengatakab, ia mengapresiasi batik Indonesia yang sudah terkenal di seantero dunia.

"Saya suka sekali dengan motif Batik Indonesia. Sangat indah sekali motifnya dan warnanya", kata Santoyo.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: