Kembangkan Wisata Ekosistem, Terumbu Karang di Pahawang Harus Dilestarikan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 12 September 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi terumbu karang harus dilestarikan (Foto/Freepik)
Ilustrasi terumbu karang harus dilestarikan (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengajak warga di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran untuk melestarikan terumbu karang di sana. Hal ini perlu dilakukan guna mengembangkan ekowisata berkelanjutan di Pahawang.

"Pulau Pahawang merupakan salah satu destinasi unggulan dalam peta ekowisata Indonesia. Namun hal yang masih jadi masalah adalah kelestarian lingkungan akibat aktivitas manusia," ujar Dosen Program Studi Biologi Itera, Novriadi, M.Si.

Oleh karena itu, ujar dia, perlu melestarikan keindahan alam bawah laut Pahawang agar berkelanjutan. Sebab keindahan terumbu karang punya potensi menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Guna melestarikan ekosistem laut, salah satu fokus utama kegiatan adalah konservasi terumbu karang. Kegiatan ini juga memperkuat hubungan yang terjalin sejak 2022 antara Itera, Badan Usaha Milik Desa (BumDes), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pemerintah desa," kata Novriadi.

Ia mengatakan, Pulau Pahawang jadi rumah bagi terumbu karang yang beragam. Namun, sayangnya terumbu karangnya banyak yang rusak.

"Guna memulihkan itu semua, kami bersama warga melakukan transplantasi terumbu karang. Dengan bantuan substrat inovatif yang terbuat dari campuran fly ash dan bottom ash, pertumbuhan terumbu karang dapat dipercepat," terangnya.

Dikutip dari Antara, warga lokal sudah dilatih teknik transplantasi terumbu karang, sehingga mereka bisa melanjutkan konservasi ini secara mandiri di masa mendatang.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: