PKB Pastikan Dapat Kursi Menteri di Pemerintahan Prabowo Subianto

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 11 September 2024 | 17:20 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menerima tawaran untuk posisi menteri dari Presiden terpilih Prabowo Subianto. Namun, jumlah kursi menteri yang akan diberikan kepada PKB belum diungkapkan.

"Kalau diskusi sudah dilakukan, ya, kita lihat nanti. Kita sudah diajak berdiskusi," ungkap Wasekjen PKB Syaiful Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

PKB sudah lama terlibat dalam diskusi dengan Prabowo terkait posisi menteri. Apalagi, Ketua Umum Partai Gerindra ini berencana menyelesaikan pembentukan kabinet sebelum tanggal 20 Oktober 2024.

"Ketika PKB memutuskan untuk bergabung dengan pemerintahan, tentu akan ada kelanjutan komunikasi politik, termasuk, setahu saya, Pak Prabowo ingin kabinet ini bisa selesai sebelum tanggal 20 Oktober," kata Huda.

Prabowo ingin memastikan jumlah kementerian serta siapa saja yang akan duduk di kursi menteri pemerintahan mendatang.

"Artinya, beliau sudah pasti memastikan nomenklaturnya, berapa jumlah kementeriannya, nomenklaturnya apa, lalu ada proses pemilihan, siapa saja yang akan menduduki posisi kementerian dengan nomenklatur semacam itu, termasuk berapa jumlah menteri koordinator," jelas Huda.

Terkait siapa kader PKB yang akan menjadi menteri di era Presiden Prabowo, Huda mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

"Kalau ini menjadi kewenangan Ketua Umum, maka itu bukan porsi saya untuk bercerita soal ini," kata Huda.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: