Benarkah Ikan Aligator Berbahaya bagi Manusia? Cek Faktanya di Sini

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 12 September 2024 | 02:30 WIB
Ikan aligator. (Foto/Taman Safari Bali)
Ikan aligator. (Foto/Taman Safari Bali)

BeritaNasional.com - Ikan aligator merupakan salah satu ikan terbesar di air tawar. Ikan aligator sering disebut sebagai “ikan primitif” atau “fosil hidup” karena mereka masih memiliki beberapa karakteristik morfologi dari nenek moyang mereka.

Habitat & Karakteristik

Berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan, ikan aligator hidup di waduk dan danau. Terkadang, mereka juga muncul di daerah aliran sungai dataran rendah, perairan payau di muara sungai, dan teluk.

Bentuk tubuhnya seperti torpedo, warnanya cokelat atau zaitun. Warnanya memudar ke permukaan perut dengan semburat abu-abu muda atau kuning.

Tidak seperti ikan lain yang bersisik, sisiknya lebih tebal dan memiliki perlindungan yang sangat baik dari ancaman. Hewan ini dapat tumbuh hingga 3 meter dan beratnya 127 kg.

Bukan Ancaman Bagi Manusia

Gigi mereka yang tajam memang terlihat menakutkan! Namun, sebenarnya ikan ini bisa sangat lambat dan jinak.

Ikan aligator bisa sangat lambat dan ragu-ragu untuk menangkap mangsanya. Jika mereka merasa ada perlawanan, maka umpan atau massa mereka akan dijatuhkan.

Gigi mereka dirancang untuk menahan mangsa dan bukan untuk mencabik mangsa menjadi potongan-potongan kecil seperti hiu. Oleh karena itu, ikan aligator gar tidak memangsa sesuatu yang tidak dapat ditelan hewan ini.

Status IUCN

Menurut status IUCN, ikan aligator tidak termasuk dalam spesies yang terancam punah. Anda masih dapat menemukan ikan ini dengan mudah baik di alam liar.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: