Kapal Uap Prancis Le Lyonnais yang Tenggelam pada 1856 Ditemukan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 13 September 2024 | 05:34 WIB
Ilustrasi kapal uap (Foto/Pixabay)
Ilustrasi kapal uap (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Tim penyelam AS sudah menemukan bangkai kapal uap Prancis, Le Lyonnais. Kapal uap itu tenggelam di Samudra Atlantik pada 1856 usai ditabrak kapal layar AS. Tenggelamnya kapal tersebut menewaskan 114 orang.

Le Lyonnais, yang dibangun pada 1855 dan dianggap sebagai kapal tercanggih saat itu. Kapal itu berlayar menuju Prancis setelah menuntaskan pelayaran perdananya dari Le Havre ke New York ketika bencana itu terjadi.

Jennifer Sellitti dari Atlantic Wreck Salvage mengatakan, tim di kapal selam D/V Tenacious menemukan bangkai kapal Le Lyonnais bulan lalu setelah pencarian yang berlangsung selama dua dekade.

Sellitti mengatakan, para penyelam berhasil mengidentifikasi kapal itu di perairan sejauh 320 kilometer dari New Bedford, Massachusetts, daerah Georges Bank. Namun mereka belum mengungkapkan lokasi pastinya.

"Tentu bentuk kapal tidak sebaik sebelumnya," kata Sellitti kepada AFP. 

"Kapal itu benar-benar hancur berantakan," tanbahnya dikutip dari VOA.

"Wilayah Atlantik utara sangat brutal bagi para bangkai kapal. Badai dan ombaknya sangat ganas. Area beting Nantucket dikenal sebagai area dengan pasirnya yang bergerak dan kerap menimbun bangkai kapal," ujar Selliti.

Kapal Le Lyonnais punya layar dan mesin uap yang dibuat oleh produsen kapal Inggris, Laird & Sons. Kapal tersebut untuk berlayar melintasi Atlantik.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: