Gandeng Kemenpora, Polri Siap Bantu Usut Dugaan Penyelewangan Dana PON

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 13 September 2024 | 08:00 WIB
Wadirtipidkor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa. (Foto/Humas Polri).
Wadirtipidkor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa. (Foto/Humas Polri).

BeritaNasional.com - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri siap membantu mengusut dugaan penyelewengan dana dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Wadirtipidkor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa mengatakan, pihaknya. bakal turun ke lokasi PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk mengusut dugaan penyelewengan pada Jumat (13/9/2024). 

Satgas yang dibentuk Polri bakal mendampingi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan penyelidikan.

“Tim satgas dari Mabes, hari Jumat (besok, 13 September 2024) menuju ke lokasi PON XXI, di antaranya untuk memberikan pendampingan Kemenpora dan mendalami hal yang dilaporkan,” ujar Arief, Jumat (12/9/2024).

Dia mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait dugaan penyelewengan itu. Hanya saja, Arief belum memerinci bentuk penyelewengan yang dimaksud.

“Koordinasi sudah dilakukan melalui satgas pendampingan giat PON XXI Aceh dan Sumut Mabes Polri,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menanggapi salah satu venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) yang rusak.

Ia pun akan menyerap aduan masyarakat dan mendalami serta menelusuri dugaan penyelewengan dana venue itu.

‘’Semua keluhan ini sebelum kami memutuskan membikin vonis pastinya ada proses yang dilakukan, yaitu penyerapan aduan masyarakat dan setelah itu pastinya akan ada pendalaman, penelusuran apakah itu sesuai spek, sesuai kontrak,’’ ucapnya.

Menpora Dito juga mengatakan penegak hukum bakal menindak tegas para pihak yang melakukan penyelewengan pembangunan venue PON ini.

‘’Kalau misalnya itu memang menyeleweng, ya pasti akan kami tindak tegas seperti yang sudah dilakukan. Jadi, masyarakat dan para atlet dan kontingen saya jamin kita akan menjaga dan membela hak-hak buat kalian. Pastinya, kita tindak tegas jika ada yang melakukan penyelewengan,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: