Panduan Akses dan Parkir untuk Konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 13 September 2024 | 17:11 WIB
Bruno Mars live in Jakarta. (BeritaNasional/Instagram)
Bruno Mars live in Jakarta. (BeritaNasional/Instagram)

BeritaNasional.com -  Jakarta International Stadium (JIS) menjadi venue konser Bruno Mars yang berlangsung pada Rabu (11/9/2024) kemarin, dan dilanjutkan pada Jumat (13/9/2024) dan  Sabtu (14/9/2024) besok.

Sebagai pengelola JIS, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan akses menuju dan pulang dari konser.

Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin merinci bahwa penonton konser yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui Tol JORR Tanjung Priok - Bandara Soekarno-Hatta dan keluar di pintu tol Papanggo.

"Alternatif lainnya adalah melalui pintu tol Ancol/PRJ Kemayoran. Jakpro juga menyediakan kantong parkir di beberapa lokasi strategis, seperti di lahan ITF yang berada di seberang pintu barat JIS," kata Iwan dalam keterangannya, Jumat (13/9/2024).

Selain itu, lanjut Iwan, pengunjung dapat memanfaatkan parkir di area Ancol seperti Sirkuit JIEC, Sea World Ancol, dan Econvention Ancol, dengan shuttle bus yang akan mengantar ke gerbang Carnaval Ancol.

"Dari sini, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur pedestrian dan JPO yang menghubungkan langsung ke concourse JIS," ujar Iwan.

Tidak hanya itu, Iwan mengklaim bahwa transportasi umum juga menjadi opsi nyaman menuju JIS. Pengguna KRL dari arah Bekasi atau Cikarang dapat turun di Stasiun Kampung Bandan untuk kemudian transit ke Stasiun Ancol, dilanjutkan dengan MikroTrans Jak 90.

"Sementara itu, bagi mereka yang berasal dari Tangerang, dapat transit di Stasiun Duri menuju Stasiun Kampung Bandan dan melanjutkan ke Stasiun Ancol dengan MikroTrans yang sama," jelas Iwan.

"Bagi pengguna KRL dari Bogor, mereka dapat transit di Jakarta Kota untuk melanjutkan perjalanan ke Stasiun Ancol. Sedangkan mereka yang berangkat dari Rangkasbitung dan sekitarnya dapat transit di Stasiun Tanah Abang, lalu melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Ancol," sambungnya.

Selain KRL, Transjakarta juga menyediakan beberapa koridor yang melayani perjalanan menuju JIS, yaitu Koridor 14 (Senen-JIS), Rute 14A (Harmoni-JIS), Rute 14B (Tanjung Priok-Senen via JIS), dan Koridor 12P (Stasiun LRT Pegangsaan Dua-JIS).

"MikroTrans turut menyediakan rute menuju JIS, di antaranya Jak 77 (Tanjung Priok-Jembatan Item), Jak 88 (Tanjung Priok-Ancol Barat), Jak 89 (Tanjung Priok-Taman Kota Intan), Jak 90 (Tanjung Priok-Rusun Kemayoran), Jak 118 (Taman Waduk Papanggo-Kota Tua), dan Jak 120 (Terminal Muara Angke-JIS). Pengunjung dapat turun langsung di depan akses masuk JIS," ucap Iwan.

Tak hanya itu, LRT Jakarta menjadi alternatif lain dengan rute menuju Stasiun Pegangsaan Dua dan melanjutkan perjalanan ke JIS menggunakan Transjakarta Koridor 12P. Terakhir, bagi pejalan kaki, akses JPO dari gerbang Carnaval Ancol-JIS juga tersedia untuk memudahkan perjalanan.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai rekayasa lalu lintas dan lokasi kantong parkir, para pengunjung dapat memantau langsung di media sosial resmi @TMCPoldaMetro dan @Jakinstadium. Di sana, update terkini terkait kondisi lalu lintas dan fasilitas parkir akan diinformasikan secara real-time guna memastikan kenyamanan perjalanan Anda menuju JIS," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: