Polisi Terapkan Ganjil-Genap dan One Way di Puncak Bogor hingga Besok

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 15 September 2024 | 15:45 WIB
Polisi mengatur lalu lintas di jalur Puncak, Bogor. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Polisi mengatur lalu lintas di jalur Puncak, Bogor. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Puncak, Bogor, masih menjadi destinasi wisata bagi mayoritas masyarakat di Jadetabek untuk memanfaatkan libur panjang karena peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Karena itu, untuk mengurai kepadatan kendaraan, baik yang menuju Puncak maupun arah sebaliknya, Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) hingga Senin hingga Senin (16/9/2024) di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kepala urusan pembinaan operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian mengatakan pihaknya menerapkan rekayasa lalin berupa sistem ganjil-genap kendaraan dan sistem satu arah atau atau one way hingga Senin.

"Untuk pelaksanaannya kami akan laksanakan secara situasional, melihat perkembangan dan peningkatan volume kendaraan yang masuk," ungkap Ardian di Simpang Gadong, Sabtu (14/9/2024).

Dia mengatakan peningkatan arus kendaraan di jalur wisata Puncak pada libur panjang saat ini cukup tinggi.

 

"Mengingat memang ambang batas di jalur Puncak itu dalam satu jam kurang dari 2.000 atau 1.500 kendaraan yang melintas, baik itu roda dua, empat maupun enam," ungkap Ardian.

Ardian menjelaskan, khusus pada hari pertama libur panjang ini, Satlantas Polres Bogor memberlakukan one way sebanyak tiga kali, yakni dua kali ke arah atas, dan satu kali ke arah bawah.

"Mengingat ini Sabtu, hari pertama di long weekend ini, kami antisipasi lonjakan arus yang datang dari Puncak menuju Jakarta kembali, maka kami siapkan rencana one way dari Jakarta ke Puncak," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: