Lonjakan Sepeda Motor Jadi Biang Kerok Kemacetan Parah di Puncak Bogor

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 17 September 2024 | 20:00 WIB
Polisi sedang mengurai kemacetan di Puncak, Bogor. (BeritaNasional/Elvis)
Polisi sedang mengurai kemacetan di Puncak, Bogor. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Polres Bogor menyoroti lonjakan volume sepeda motor yang mengakibatkan kawasan Puncak, Bogor, mengalami kemacetan parah sejak Minggu (15/9/2024). Pengguna jalan akhirnya terjebak selama berjam-jam dan polisi bekerja ekstra untuk mengurai kemacetan.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkapkan lonjakan volume sepeda motor menjadi penyebab utama kemacetan parah di sepanjang jalur Puncak.

Menurut dia, selama libur panjang Maulid Nabi, kendaraan yang memasuki wilayah Puncak diperkirakan 150 ribu unit. Sementara itu, kapasitas jalan hanya bisa menampung 70 ribu kendaraan.

”Jumlah motor yang meningkat. Ada lonjakan jumlah motor, orang berwisata ke Puncak,” ungkapnya dalam keterangannya pada Senin (16/9/2024).

Rio menuturkan banyak pengendara sepeda motor yang melawan arah sehingga arus kendaraan tersendat.

“Iya, motor pada melambung melawan arah sehingga lalu lintas terkunci. Lalu lintas penuh di wilayah Gunung Mas hingga menyebabkan kemacetan yang panjang sampai ke Gadog,’’ jelasnya.

Untuk mengurai kemacetan ini, jajaran Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah pada Senin (16/09/2024) untuk memprioritaskan kendaraan dari Puncak menuju Jakarta.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: