Survei LSI: RK-Suswono Bisa Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 18:00 WIB
RK-Suswono bisa menang satu putaran (Beritanasional/Oke Atmaja)
RK-Suswono bisa menang satu putaran (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Bakal Pasangan Calon Pilgub Jakarta 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK)-Suswono berpotensi memenangkan Pilkada dalam satu putaran.

Hal tersebut diketahui berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Rabu (18/9/2024) dengan tajuk 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta'.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, sebantak 51,8 persen responden akan memilih Ridwan Kamil-Suswono jika Pilgub dilakukan hari ini.

Selanjutnya, Pramono Anung-Rano Karno berada di posisi kedua dengan angka 28,4 persen. Terakhir, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan angka 3,2 persen.

"Ketika dipasangkan sebagai pasangan, RK-Suswono itu kurang (angkanya), tidak terlalu berubah, ada 51,8 persen," kata Djayadi dalam paparannya.

Meski demikian, Djayadi menyoroti angka yang diperoleh Pramono-Rano. Menurutnya, Rano membawa pengaruh yang besar menjadi wakil dari Pramono.

"Menarik ketika Pramono Anung dan Rano Karno digabungkan, suara Pramono Anung sendiri yang tadinya hanya memperoleh 20 persen ketika digabungkan dengan Rano itu menjadi 28 persen," ujar Djayadi.

"Jadi kita bisa melihat di sini ada pengaruh yang cukup besar dari Rano Karno sebagai cawagub dari Pramono Anung," tambahnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan secara tatap muka sejak 6-12 September 2024. Metode survei yang dilakukan adalah eksperimen dengan melibatkan 1.200 orang sebagai responden.

Adapun orang yang menjadi sample harus berusia minimal 17 tahun dan berasal dari seluruh kota administratif di Jakarta. Lalu, survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: