Kesulitan Keuangan, Kebun Binatang Finlandia Akan Kembalikan Panda ke China

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 28 September 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi sepasang panda (Foto/CNN Turk)
Ilustrasi sepasang panda (Foto/CNN Turk)

BeritaNasional.com - Sebuah kebun binatang di Finlandia, Kebun Binatang Ähtäri akan mengembalikan dua panda raksasa yang dipinjamkan ke China, delapan tahun lebih cepat dari jadwalnya.

Alasannya kebun binatang mengalami kesulitan keuangan. Biaya perawatan sepasang panda itu jadi menjadi terlalu mahal bagi kebun binatang itu di tengah menurunnya jumlah pengunjung.

Panda betina Lumi dan panda jantan Pyry akan dikembalikan. Sepasang panda itu dipinjamkan China untuk menandai 100 tahun kemerdekaan negara di kawasan Nordik itu pada tahun 2017, dan kedua hewan itu seharusnya dipinjamkan hingga tahun 2033.

Kebun binatang tersebut telah mengalami sejumlah tantangan, termasuk penurunan jumlah pengunjung akibat pandemi virus corona tahun 2020 dan konflik antara Rusia dan Ukraina. Selain itu terdampak peningkatan inflasi dan suku bunga.

Dikutip dari VOA, Kebun Binatang Ähtäri mengkhususkan diri pada hewan-hewan khas Eropa utara seperti beruang, lynx, dan serigala, membangun rumah tambahan khusus Panda House dengan biaya sekitar $9 juta dengan harapan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke suaka margasatwa di wilayah terpencil itu.

Biaya perawatan Lumi dan Pyry, termasuk biaya pelestarian untuk China, menghabiskan biaya kebun binatang sekitar $1,7 juta per tahun. Bambu yang dimakan panda raksasa diterbangkan dari Belanda.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: