RK Buka Peluang Pensiunan Pejabat DKI Terlibat Lagi di Pemerintahan

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 28 September 2024 | 06:11 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, membuka peluang bagi para pensiunan pejabat Pemprov DKI untuk kembali berkontribusi dalam pemerintahan daerah.

Hal ini diungkapkan oleh RK usai berdialog dengan Forum Purna Pejabat Pemprov DKI Jakarta, belum lama ini.

RK menjelaskan bahwa para pensiunan tersebut dapat terlibat dalam aktivitas sosialisasi program-program yang akan dilaksanakannya.

"Saya tanya, apakah mau aktif lagi? Dalam bentuk sesuatu lah ya, misalkan menyosialisasikan program pengentasan kekumuhan, mereka bisa ikut. Mau nggak ikut tim penghijauan, misalnya, di wilayah-wilayah tertentu," kata RK kepada wartawan.

RK mengakui bahwa para pensiunan PNS ini bisa membantu dalam pembangunan Jakarta. Pasalnya, mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sangat mendalam tentang Jakarta.

"Jadi, inilah tawaran karena membangun Jakarta harus dilakukan bersama-sama," tambah RK singkat.

Eks Gubernur Jawa Barat ini juga menegaskan bahwa para pensiunan PNS ini akan dihimpun dan dibentuk dalam lembaga tersendiri. Namun, lembaga ini akan berbeda dengan TGUPP era Anies Baswedan.

"Dilembagakan. Saya akan banyak mengajak kolaborasi, tidak hanya dengan mereka, tetapi juga dengan kelompok lain untuk menyukseskan program ini. Nanti akan saya cari namanya. Kalau TGUPP itu terdiri dari orang-orang ahli yang masih aktif, sementara di saya akan dinamakan TAP, Tim Akselerasi Pembangunan," ucap RK.

"Nanti namanya kita cari lagi. Tapi bukan golongan yang sama. Ini (pensiunan) lebih bersifat ad hoc. Misalnya, mau nggak di zona kekumuhan saja, atau hanya di komunitas penghijauan. Kira-kira seperti itu," tambahnya menutup pembicaraan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: