YouTube Amerika Serikat Tak Bisa Putar Lagu Green Day hingga Adele

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 29 September 2024 | 21:00 WIB
Logo YouTube. (Foto/Pixabay)
Logo YouTube. (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Platform berbagi video YouTube saat ini tidak bisa memutar lagu milik Adele, Green Day, Bob Dylan, R.E.M, hingga sejumlah musisi lain di Amerika Serikat (AS).

Penyebabnya, YouTube tidak mencapai kesepakatan dengan SESAC, organisasi yang mengumpulkan dan mendistribusikan royalti bagi penulis lagu dan penerbit musik dalam sebuah perjanjian baru.

Dilansir dari Antaranews, banyak lagu dari musisi-musisi tersebut yang ketika diputar di YouTube muncul peringatan berbunyi "Video ini berisi konten dari SESAC. Video ini tidak tersedia di negara Anda" pada Sabtu (28/9/2024).

"Kami menganggap hak cipta sebagai hal yang sangat serius dan sebagai hasilnya, konten yang diwakili oleh SESAC tidak lagi tersedia di YouTube di Amerika Serikat. Kami sedang dalam pembicaraan aktif dengan SESAC dan berharap dapat mencapai kesepakatan baru sesegera mungkin," ucap perwakilan YouTube yang dikutip pada Minggu (29/9/2024).

YouTube juga menyampaikan pernyataan tentang pemblokiran pemutaran lagu tertentu di Amerika Serikat melalui akun X resminya.

"Perjanjian lisensi musik kami dengan SESAC telah berakhir tanpa kesepakatan mengenai ketentuan pembaruan meskipun kami telah berupaya sebaik mungkin. Atas alasan ini, kami telah memblokir konten di YouTube di AS yang diketahui terkait dengan SESAC sesuai dengan hukum hak cipta," demikian pernyataan YouTube.

Organisasi hak pertunjukan seperti ASCAP, BMI, dan SESAC di Amerika Serikat memiliki kemampuan memblokir pertunjukan musik tertentu untuk umum, termasuk pemutaran musik daring dan melalui radio meskipun sulit dilakukan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: