Surya Paloh Akan Putuskan Pimpinan DPR dari NasDem

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 30 September 2024 | 20:35 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum NasDem Surya Paloh telah menunjuk kadernya untuk menjadi pimpinan DPR pada periode 2024-2029. Namanya akan diumumkan saat pelantikan anggota DPR 2024-2029.

"Sudah, tanya pak Surya ya," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Willy meminta sebaiknya menunggu pada saat pelantikan anggota DPR. Surya Paloh yang akan mengumumkan nama pimpinan DPR dari NasDem.

"Sudah, ya ada yang inilah, besoklah, biar ketum yang mengumumkan itu," katanya.

Sementara itu, PDI Perjuangan dipastikan akan mendapatkan kursi ketua DPR pada periode 2024-2024 karena sebagai pemenang pemilu legislatif. Hal itu karena tidak ada perubahan UU MPR, DPR, DPD dan DPRD.

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Merujuk pada hasil Pileg 2019, secara berurutan lima besar partai adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB dan NasDem. Maka lima partai ini yang masuk paket pimpinan DPR.

Dasco mengatakan, terkait nama-nama pimpinan DPR akan diusulkan masing-masing fraksi pada periode berikutnya.

"Ya tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu kedua ketiga keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar ketua harian DPP Gerindra ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: