Penetapan Pimpinan MPR Akan Digelar Lusa

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 19:10 WIB
Ilustrasi MPR (Beritanasional/Ahda)
Ilustrasi MPR (Beritanasional/Ahda)

BeritaNasional.com - MPR RI akan menetapkan sembilan pimpinan dalam sidang paripurna pada Kamis (3/10/2024). MPR akan membahas siapa yang akan mengisi posisi ketua MPR secara musyawarah mufakat.

"Belum masih lusa," kata Ketua MPR sementara Guntur Sasono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

MPR telah menyepakati jadwal pada dalam Badan Musyawarah pada sore ini. Pada Bamus belum disepakati terkait susunan pimpinan MPR.

Guntur mengatakan, penentuan MPR akan digelar secara musyawarah mufakat. Meski ada mekanisme voting, MPR alan mendorong penyelesaian secara musyawarah.

"Itu harus ditentukan di dalam musyawarah mufakat, ada ketentuan apabila musyawarah mufakat tentu memakai sistem suara yang terbanyak tetapi itu kita musyawarah kan yang terbaik," katanya.

Sementara itu, anggota MPR Fraksi PKS Al Muzzammil Yusuf mengatakan, pemilihan MPR masih menunggu DPD RI menetapkan pimpinannya. Karena dari 9 pimpinan MPR, satu berasal dari kelompok DPD.

"Intinya kita mau pemilihan lah, pemilihan pimpinan MPR masing-masing fraksi DPD diagendakan setelah itu kan pimpinan MPR itu kan terdiri dari pimpinan fraksi-fraksi DPR dan DPD ya kan," ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: