Bambang Pacul Ditugaskan sebagai Wakil Ketua MPR dari PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 02 Oktober 2024 | 22:39 WIB
Bambang Pacul ditugaskan sebagai Wakil Ketua MPR  (Beritanasional/Ahda)
Bambang Pacul ditugaskan sebagai Wakil Ketua MPR (Beritanasional/Ahda)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan menugaskan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sebagai wakil ketua MPR. Ahmad Basarah yang sebelumnya menjadi pimpinan MPR periode 2019-2024 tidak lagi menjadi pimpinan di periode sekarang.

DPP PDIP memilih Bambang Pacul karena Basarah sudah dua periode menjadi pimpinan MPR sehingga perlu pergantian tugas. Basarah kini didapuk sebagai sebagai ketua Fraksi PDIP MPR RI. 

"DPP PDIP sudah memutuskan setelah menugaskan saya sebagai wakil ketua MPR RI selama 2 periode berturut-turut, wakil ketua MPR 2014-2019 dan 2029-2024 maka saatnya belaku asas bergiliran," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Bambang Pacul ditunjuk sebagai pengganti Basarah sebagai wakil PDIP di kursi pimpinan MPR karena sosok yang sudah senior di partai.

"Dalam rangka tour of duty maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari fraksi PDIP adalah senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialektika di DPR ini ya, sudah lebih 20 tahun dan saatnya beliau hijrah ke lembaga MPR menjadi wakil ketua MPR, nama tokoh senior partai tersebut adalah Bambang Wuryanto," kata Basarah.

Sementara itu, Rapat Gabungan Pimpinan MPR secara resmi telah menyepakati Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Pada malam hari ini, tanggal 2 Oktober 2024, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, yaitu Bapak H. Ahmad Muzani," ujar Basarah saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

MPR akan menggelar Rapat Paripurna penetapan susunan pimpinan MPR pada Kamis, 3 Oktober 2024.

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh H. Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," tandas Basarah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: