RK Bakal Benahi Sungai Ciliwung dengan Konsep Pentahelix, Apa Itu?

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 18:30 WIB
RK bakal benahi Sungai Ciliwung (Beritanasional/Oke Atmaja)
RK bakal benahi Sungai Ciliwung (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) akan membawa konsep pentahelix untuk membenahi Sungai Ciliwung.

Ridwan Kamil mengatakan, konsep pentahelix ini sebelumnya sudah dia terapkan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dengan nama Satgas Citarum Harum.

"Kalau sungai pernah punya pengalaman membuat Satgas Citarum ya, dengan konsep pentahelix," kata Ridwan Kamil di Condet, Jakarta Timur, pada Kamis (3/10/2024).

Ridwan Kamil berujar, konsep pentahelix merupakan satgas yang terdiri dari pemerintah, akademisi, komunitas, wirausaha, dan media.

"Jadi konsep pentahelix akan dikembalikan, dihadirkan. Jadi ada pemerintah, TNI, Polri, Kejaksaan. Kemudian yang keduanya itu adalah akademisi, ketiganya komunitas, keempatnya wirausaha atau bisnis," ujar Ridwan Kamil. 

"Terakhir adalah media untuk mengedukasi juga. Nah kombinasi pentahelix untuk menyelesaikan masalah Ciliwung mungkin akan kita hadirkan juga sebagai konsep membangun bersama-sama," tambahnya.

Eks Gubernur Jawa Barat itu menegaskan, konsep ini akan bisa membantu menangani persoalan Ciliwung lebih cepat karena dibantu oleh berbagai pihak.

"Nah itu mungkin komitmennya nanti di tahun-tahun pertama Satgas Ciliwung kita hadirkan dengan konsep Pentahelix, mudah-mudahan lebih baik," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: