Rayakan Hari Batik Nasional, KBRI Caracas Buka Kelas Membatik bagi Warga Lokal

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 03 Oktober 2024 | 21:30 WIB
KBRI Caracas buka kelas batik (Foto/Kemenlu)
KBRI Caracas buka kelas batik (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Untuk memperingati Hari Batik Nasional, KBRI Caracas bekerjasama dengan Canting Club Venezuela menyelenggarakan kelas batik bagi masyarakat Venezuela di Aula KBRI Caracas. 

Kegiatan ini, yang diikuti oleh 25 peserta, diselenggarakan untuk memperkenalkan batik sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia kepada masyarakat Venezuela sekaligus mempererat kerja sama di bidang budaya antara Indonesia dan Venezuela.

Kegiatan dibuka oleh Dubes RI untuk Caracas, Imam Edy Mulyono dan dihadiri Angela Mata selaku guru batik. 

"Batik merupakan gabungan dari seni dan budaya yang sangat mendunia. Salah satu upaya KBRI Caracas untuk mempromosikan batik di tahun ini adalah dengan mengundang empat perancang busana batik untuk memamerkan karyanya lewat fashion show di Caracas pada Mei 2024.  Besar harapan kami melalui kegiatan ini, persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Venezuela, menjadi semakin erat." demikian disampaikan oleh Dubes Imam.

Kelas batik  ini akan diselenggarakan sepanjang bulan Oktober 2024, dan akan dibagi menjadi delapan kelas. Dalam kelas-kelas tersebut, para peserta akan diperkenalkan tentang sejarah batik, metode pembuatan batik, serta proses pembuatan batik mulai dari penggambaran hingga menjadi suatu karya seni batik yang indah. 

"Nanti di akhir kegiatan, para peserta batik diharapkan dapat akan memamerkan karyanya di salah satu museum di Caracas untuk dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat setempat," ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: