Planetarium Jakarta Hadir di JID Expo, Nikmati Keseruan Edukasi Astronomi

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 23:30 WIB
Planetarium hadir di Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024. (Foto/Berita Jakarta)
Planetarium hadir di Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024. (Foto/Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Planetarium Jakarta turut memeriahkan Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, pada 1-4 Oktober 2024. 

Planetarium Jakarta menampilkan beberapa inovasi dan program edukasi astronomi yang menarik perhatian para pengunjung.

Astronom Observatorium Planetarium Jakarta, Muhammad Rayhan mengatakan salah satu inovasi utama yang dibawa dalam JID 2024 adalah Planetarium Mobile, sebuah konsep yang memungkinkan Planetarium hadir di berbagai lokasi tanpa terbatas pada gedung besar.

Rayhan menyampaikan alat ini juga digunakan dalam program Planetarium Goes to School, di mana tim Planetarium Jakarta berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi langsung tentang astronomi.

"Inovasi yang kami kedepankan adalah bahwa Planetarium bisa dalam bentuk portable atau mobile, yang memungkinkan kita mendatangi tempat-tempat strategis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," ungkapnya pada Kamis (3/10).

Rayhan menjelaskan pengunjung bisa menikmati tiga kegiatan utama di booth Planetarium Jakarta. 

Pertama, pertunjukan teater bintang di Planetarium Mobile, yang memberikan pengalaman edukatif tentang dinamika langit, pergerakan bintang, matahari, dan bulan. 

Dalam Planetarium Mobile, pengunjung diajak untuk memahami lebih dalam tentang langit malam, rasi bintang, dan pergerakan benda-benda langit.

Kemudian, peneropongan matahari menggunakan teleskop yang diadakan di luar gedung pameran, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat langsung permukaan matahari.

Kemudian, pameran astrofotografi yang menampilkan foto-foto benda langit dan fenomena astronomi hasil karya tim Planetarium Jakarta dari berbagai lokasi dan peristiwa astronomi.

“Edukasi yang diberikan juga mencakup cara mengamati langit secara langsung dan mengenali benda langit berdasarkan waktu dan lokasi tertentu. Ini adalah edukasi bagi pengunjung bahwa astronomi itu sangat indah, estetik, dan sangat menarik untuk dipelajari," tuturnya.

Antusiasme masyarakat terhadap Planetarium Mobile di JID Expo 2024 sangat tinggi. Setiap harinya, Planetarium Jakarta mengadakan empat hingga lima pertunjukan, mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Bahkan, sebelum acara resmi dimulai, sudah ada beberapa guru yang datang mendaftarkan murid-muridnya untuk ikut serta dalam pertunjukan tersebut.

“Pesertanya umum, karena Planetarium mini ini selalu diincar oleh banyak pengunjung setiap kali ada kegiatan seperti ini, dan tiketnya cepat habis," ucap Rayhan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: