Inilah 5 Secondary Ultraman yang Bertarung Bersama Karakter Utama

Oleh: Bagas Kusumohadi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 23:00 WIB
Ultraman Agul. (Foto/Ultraman Wiki)
Ultraman Agul. (Foto/Ultraman Wiki)

BeritaNasional.com - Banyak Ultraman yang berasal dari planet cahaya Nebula M78 dengan konflik dan problemnya sendiri. Karena itu, mereka tentu tidak berjuang sendirian. 

Terdapat duo, trio, bahkan membentuk semacam keluarga nonbiologis yang bernama “Ultra Brothers”. 

Para raksasa cahaya itu saling bekerja sama untuk melindungi dunia dengan caranya masing-masing, bahkan dalam kelompok duo sekalipun. 

Ultraman utama dan partnernya atau yang biasa disebut dengan “secondary Ultra” saling mencari titik tengah untuk dapat melindungi dunia dengan caranya masing-masing.

Bahkan, terdapat secondary Ultra yang awalnya bertolak belakang dengan Ultraman utama, walaupun akhirnya menemukan jalan tengahnya. 

Inilah 5 secondary Ultraman yang bertarung bersama Ultraman utama:

1. Ultraman Victory

Victory menjadi secondary Ultra pertama yang seluruh tubuhnya didominasi warna hitam. 

Ultraman VIctory. (Foto/Ultraman wiki)

Ultraman yang memiliki color timer berbentuk huruf V ini memiliki human host yang bernama Sho, seorang pangeran peradaban Victorian. Dia partner sejati Ultraman Ginga yang awalnya saling berlawanan. 

Menggunakan alat perubahannya yang bernama “Victory Lancer”, Ultraman Victory dapat meminjam kekuatan para monster untuk melawan para musuh yang mengadang. 

2. Ultraman Justice

Kemunculan Justice pertama kali adalah pada film Ultraman Cosmos yang berjudul “Ultraman Cosmos 2: The Blue Planet” (2002). 

Ultraman Justice (kiri). (Foto/Ultraman Official YT)

Ada sebuah fakta menarik mengenai partner sejati dari Ultraman Cosmos ini, di mana sebenarnya perawakan milik Justice adalah seorang laki-laki, tetapi human host dari Justice bukanlah seorang lelaki, melainkan seorang perempuan yang bernama Julie. 

Hal itu menjadi perdebatan para penggemar Ultraman, apa sebenarnya jenis kelamin dari Ultraman Justice. 

Bila kita baca dari website Ultra.fandom.com, Justice ditulis sebagai “He” yang mengonfirmasi bahwa Justice adalah laki-laki, hanya saja memiliki human host perempuan. 

3. Ultraman Hikari

Partner sejati dari Ultraman Mebius ini merupakan salah satu Ultraman paling cerdas di planet cahaya. 

Hikari adalah seorang ilmuwan yang membuat alat transformasi dari banyaknya Ultraman yang ada, salah satunya adalah Ultraman Taiga, dengan alat perubahannya yang bernama “Taiga Spark”. 

Ultraman HIkari (kiri). (Foto/Ultraman Wiki)

Terdapat masa lalu yang kelam karena Hikari sempat dikuasai oleh kegelapan dan rasa bersalahnya karena kegagalannya melindungi planet Arb. Hunter Knight Tsurugi, alter ego dari Ultraman Hikari yang memendam rasa dendam yang besar terhadap Bogarl, monster yang menghancurkan planet Arb. 

Meskipun begitu, Hikari menjadi salah satu Ultraman yang terhormat atas Star Mark, setelah Zoffy, yang didapatkannya setelah penelitian terbesarnya, yaitu metode melestarikan dan menghidupkan kembali kekuatan kehidupan. 

4. Astra

Seorang pangeran dari planet L77 yang telah hancur karena ulah Alien Magma, Astra adalah adik dari Ultraman Leo. 

Astra (depan) bersama Ultraman Leo. (Foto/Tsuburaya Productions)

Awalnya, wajah dan lambang yang dimiliki Astra sangat identik dengan Leo, tetapi karena penghancuran planetnya, disiksa dan dimutilasi sebagai tahanan, wajahnya harus direkonstruksi. 

Hal itu juga adalah salah satu alasan adanya rantai yang masih ada di kaki kirinya, atas bantuan Ultraman King, Astra harus melarikan diri dan meninggalkan rantai tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, Ultraman yang mahir dalam seni bela diri kickboxing ini mampu menjadi tangan kanan Ultraman King, bersama kakaknya, Leo.

5. Ultraman Agul

Hiroya Fujimiya, seorang yang mengemban tugasnya menjadi Ultraman Agul untuk melindungi Bumi, bukan manusia. 

Ultraman Agul. (Foto/Ultraman Wiki)

Suatu hal yang cukup kontradiktif untuk seorang Ultraman karena pada umumnya tugas mereka adalah melindungi Bumi beserta isinya. 

Hal itu membuat Ultraman Gaia sangat kontra dengan perlakuan Agul, Gaia mau tidak mau harus berhadapan dengan seorang Agul. 

Ultraman yang dianggap sebagai manifestasi dari hamparan laut ini memiliki karakter yang angkuh, sombong, tetapi justru itu para penggemar hingga saat ini menganggap Agul adalah karakter yang sangat disukai. 

Partner Gaia yang satu ini merupakan Ultraman yang memiliki warna biru kedua setelah Ultraman Kiyotaka. 

Fakta menarik mengenai Agul, jurus pamungkas Ultraman yang dimilikinya tidak berbentuk “+” ataupun “L”, tetapi membentuk huruf “I” dan hanya menggunakan satu tangan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: