Pramono Anung: Jakarta Berpotensi Masuk Peringkat 50 Kota Dunia

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 06 Oktober 2024 | 06:28 WIB
Pramono Anung yakin Jakarta berpotensi masuk peringkat 50 kota dunia (Beritanasional/Lydia)
Pramono Anung yakin Jakarta berpotensi masuk peringkat 50 kota dunia (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung mengatakan, Jakarta berpotensi naik ke peringkat 50 besar kota global dunia.

Hal itu dia ucapkan menyoroti tema debat perdana Pilgub Jakarta 2024 yang bertema Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global.

Menurut mantan bawahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut, Jakarta bisa menjadi salah satu dari 50 kota terbaik jika dijadikan pusat bisnis dunia.

“Kalau bagi saya pribadi, Jakarta apakah punya potensi untuk naik, misalnya menjadi 50 besar dunia? Menurut saya bisa sekali,” ujar Pramono di Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

“Apa yang harus dilakukan? Pertama, Jakarta harus menjadi pusat bisnis dunia," imbuhnya.

Pramono mengatakan, Jakarta saat ini berada di urutan 74 dari 156 kota global di dunia. Ia menduga Jakarta bisa makin maju dengan keterbukaan informasi dan dukungan politik.

"Informasinya harus terbuka bagi siapa saja yang datang ke Jakarta. Kemudian, secara politik juga harus ada dukungannya,” tuturnya.

Selain itu, Pramono juga mengatakan budaya Jakarta bisa menjadi daya tarik dan dijual ke seluruh dunia.

“Kalau itu bisa dilakukan, saya yakin Jakarta dalam satu periode kepemimpinan bisa mencapai peringkat 50, seperti di Bangkok. Bangkok saat ini berada di peringkat 47," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: