Digigit Hewan, Segera Cuci Luka Pakai Sabun

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 06 Oktober 2024 | 20:00 WIB
Mencuci luka pakai sabun (Foto/Pixabay)
Mencuci luka pakai sabun (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memperingatkan, warga harus segara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 15 menit usai digigit hewan. Ini merupakan fase penting penanganan usai seseorang tergigit hewan penular rabies.

"Secara bentuk atau morfologi, virus rabies dilapisi semacam lemak. Virus ketika terkena sabun dengan bahan kimia yang melarutkan lemak atau suhu tinggi, itu dia bisa hancur. Diharapkan sabun ini menghancurkan dan (virus) dibuang dengan air mengalir," ujar Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Arif Syaiful Haq.

Membilas luka dengan air mengalir selama 15 menit dikatakan dapat membantu untuk mematikan virus penyebab rabies sebesar 85 persen.

Arif mengatakan, usai mencuci luka, seseorang yang terkena gigitan harus memberi luka itu cairan antiseptik sebelum meminta pertolongan tenaga medis di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Pasien lalu dibawa ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk bisa mendapatkan tata laksana lanjutan dari luka gigitan tadi. Lapor terkena gigitan hewan penular rabies ke RT/RW atau minimal ke fasilitas kesehatan," katanya dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, sebenarnya hingga saat ini belum ada pengobatan yang spesifik atau efektif untuk menyembuhkan rabies apabila seseorang yang tergigit hewan penular rabies sudah menunjukkan gejala.

Oleh karena itu, upaya pencegahan jangan sampai terkena rabies menjadi penting. Upaya pencegahan ini, termasuk memastikan hewan peliharaan harus sehat dengan paling tidak memberinya vaksinasi rutin dan berkala.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: