Prabowo Akan Realokasi Anggaran 2025 untuk Kenaikan Gaji dan Tunjangan Hakim

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:50 WIB
Pimpinan DPR RI menerima audiensi para Hakim untuk mendengarkan aspirasi Solidaritas Hakim Indonesia. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Pimpinan DPR RI menerima audiensi para Hakim untuk mendengarkan aspirasi Solidaritas Hakim Indonesia. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan peningkatan kesejahteraan hakim sesungguhnya tengah diupayakan. Peningkatan gaji dan tunjangan sudah diupayakan oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin dan Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai.

Keduanya sudah memberikan pandangan tentang penaikan gaji dan tunjangan hakim. Pendapat ketua Mahkamah Agung dan ketua Komisi Yudisial menjadi dasar Presiden terpilih Prabowo Subianto merealokasi anggaran tahun 2025 untuk kebutuhan hakim.

"Itu juga kemudian memberikan hitungan-hitungan bagaimana gaji tunjangan para hakim pada saat ini dan itu yang menjadi dasar oleh tim ekonomi dari Pak Prabowo Subianto untuk 2025 melakukan realokasi-realokasi anggaran untuk salah satunya memenuhi beberapa kebutuhan-kebutuhan yang dihitung untuk para hakim," ujar Dasco saat audiensi Solidaritas Hakim Indonesia dengan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Dasco meminta para hakim memaklumi gaji dan tunjangan hakim tersebut belum bisa dinaikan tahun ini  karena masa transisi penghitungan anggaran yang ketat.

"Karena sudah masa transisi dan saya paham bahwa pemerintah yang sekarang ini juga hati-hati dalam mengalokasi Karena ini nanti akan masuk di anggaran 2025 dan ke depan," kata Dasco.

"Nah sehingga kalau tadi ada hitungan-hitungan yang mungkin kurang pas, kurang sesuai itu agar dimaklumi karena ini masih dalam proses transisi," jelas ketua harian DPP Gerindra ini.

Karena itu, Dasco dalam audiensi ini menghubungi Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menyampaikan komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan hakim.

"Supaya kemudian hal-hal yang sekarang masih dianggap kurang memadai bisa diestafet dilanjutkan untuk ditingkatkan Sesuai dengan apa yang direncanakan oleh presiden terpilih," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator SHI Rangga Lukita Desnata menyampaikan terima kasih kepada anggota dewan serta Prabowo.

"Sampaikan salam kepada beliau Hakim di seluruh Indonesia terharu dan semoga Allah memberikan kesehatan bagi beliau, mampu memimpin bangsa Indonesia ke depan menuju kejayaan kita, supaya setara dengan bangsa-bangsa beradab di dunia," kata Rangga.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: