Ini Dia Trik Memotong Kuku Bayi Aman dan Mudah

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Rabu, 09 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Ilustrasi tingkat kelahiran bayi di Korea Selatan. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi tingkat kelahiran bayi di Korea Selatan. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Salah satu tantangan merawat bayi adalah memastikan kukunya tetap pendek. Hal ini bertujuan agar kuku si kecil tidak melukai kulit juga matanya. Tapi tidak mudah loh memotong kuku bayi. Butuh kejelihan dan ketajaman pandangan. Berikut triknya. 

 

Lakukan saat Bayi Tidur

Sebaiknya moms tunggu sampai bayi tertidur pulas untuk memotong kukunya ya. Pastikan juga pencahayaan di ruangan atau luar ruangan baik supaya kuku bayi terlihat jelas. Bayi yang tertidur cenderung tidak bergerak, maka sebaiknya jangan ragu-ragu saat memotong kukunya. Pastikan juga bayi dalam posisi yang nyaman saat tidur dan dalam posisi yang mudah untuk memotong kukunya. 

Gunakan Gunti Kuku Khusus Bayi

Menggunakan gunting kuku khusus bayi adalah cara yang tepat agar orang tua dan bayi merasa nyaman. Cukup potong kuku bayi seperti yang orang tua lakukan sendiri. Namun, ingat ya untuk memegang erat-erat jari-jari bayi saat memotong kukunya. Jika bayi bangun dari tidur, ia mungkin merasa tidak nyaman dan bergerak, jadi alihkan perhatiannya.

Lakukan Setelah Mandi

Satu lagi yang bisa memudahkan. Moms dapat memotong kuku Si Kecil setelah memandikannya. Alasannya karena setelah mandi, kondisi kuku dalam keadaan lunak akibat terkena air, sehingga lebih mudah untuk dipotong.

Jadikan Kebiasaan atau Rutinitas

Kuku bayi harus dipotong sejak ia baru lahir. Kuku bayi tumbuh dengan cepat, dan jika panjang dapat melukai wajahnya. Menunda memotong kuku bayi bisa berbahaya, jadi sebaiknya jadikan itu kebiasaan atau rutinitas ya Moms. Tujuannya agar para Moms terbiasa dan makin terampil untuk memotongnya.

Gunakan Pengalih Perhatian

Jika menggunting kuku bayi saat ia bangun, maka gunakan sesuatu untuk mengalihkan perhatiannya. Bayi yang cukup besar biasanya akan cepat gelisah dan semakin sulit untuk memotong kukunya. Untuk bayi yang lebih besar, sebaiknya gunakan sesuatu seperti mainan atau boneka untuk menarik perhatiannya. Dengan begitu ibu dapat memotong kuku bayi lebih mudah.

Pegang Tangan Si Kecil

Agar tangan Si Kecil tidak bergerak-gerak saat dipotong, Moms dapat memegang tangan Si Kecil dengan perlahan. Hal ini untuk menghindari ikut terpotongnya kulit Si Kecil oleh pemotong kuku yang Moms gunakan.

Bersihkan Kuku Si Kecil Dahulu

Sebelum kuku Si Kecil dipotong, periksa dahulu apakah terselip kotoran di dalamnya. Jika ada kotoran, bersihkan terlebih dahulu. Moms bisa membersihkan kotoran yang terselip dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air. Sehingga akan lebih mudah memotong kuku Si Kecil, karena tidak perlu repot membersihkan kotoran setelah kuku dipotong.

Itulah yang perlu diketahui tentang trik memotong kuku bayi. Lantas, seberapa sering kuku bayi harus dipotong?

Seberapa sering memotong kuku bayi akan tergantung pada seberapa cepat kuku tumbuh. Dalam beberapa minggu pertama, kuku bayi sangat cepat tumbuh. Bayi yang baru lahir mungkin perlu dipotong kukunya beberapa kali per minggu. Setelah usia bayi semakin bertambah, kuku hanya perlu dipotong sekali seminggu. Perlu diketahui juga, kuku tangan lebih cepat tumbuh dibandingkan kuku kaki.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: