Jalani Laga Ke-50 Bersama Timnas Indonesia, STY Bakal Kalahkan Bahrain?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 10 Oktober 2024 | 06:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Duel Timnas Indonesia vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi catatan penting bagi Shin Tae-yong. Ya, pelatih asal Korea Selatan ini akan menjalani laga ke-50 bersama Garuda.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019 di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, Shin Tae-yong sudah menjalani 49 pertandingan bersama Timnas Indonesia senior.

Laga pertama STY bersama TImnas Indonesia terjadi pada Mei 2021. Diketahui, selama tahun 2020 sepak bola sempat terhenti dikarenakan pandemi Covid-19.

Di laga debut bersama Timnas Indonesia senior, STY tak mendapatkan hasil yang baik. Kala itu, Timnas Indonesia kalah dari Oman dengan skor 3-1 di laga persahabatan internasional yang berlangsung di Dubai.

Jika menukil dari situs Transfermarkt, Rabu (9/10/2024), dari total 49 pertandingan bersama timnas Indonesia, STY berhasil meraih 24 kemenangan, 12 hasil imbang, dan mengalami 13 kekalahan.

Perkembangan Timnas Indonesia di bawah STY melesat tinggi. Saat datang pertama, Indonesia berada di posisi 173 rangking FIFA.

Kini, setelah empat tahun menukangi skuad Merah Putih naik secara drastis ke peringkat 129 dunia.  STY sukses meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk kali pertama dalam sejarah. 

Bahkan, kini Tim Merah Putih mampu berbicara banyak dalam fase ini. Dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga Zona Asia di bawah asuhan STY, Indonesia mampu menahan imbang Arab Saudi 1-1 dan menahan imbang Australia 0-0.

Tentunya diharapkan melawan Bahrain STY bisa meraih hasil positif guna melengkapi torehan pertandingan ke-50 bagi Timnas Indonesia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: