AS Izinkan Misi SpaceX Starship 5

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi Space X (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Space X (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat ( Federal Aviation Administration/FAA) akhirnya menyetujui izin peluncuran Starship 5 SpaceX. Izin itu dikeluarkan setelah sebelumnya FAA mengatakan tidak akan mengambil keputusan sampai akhir November.

Reuters pertama kali melaporkan minggu ini jadwal yang lebih cepat dari perkiraan setelah FAA pada pada September menyarankan peninjauan yang lebih panjang.

SpaceX mengatakan, jendela peluncuran selama 30 menit akan dibuka pada pukul 07.00 central time (CT) (1200 GMT).

FAA mengatakan, SpaceX telah memenuhi semua persyaratan keselamatan, lingkungan, dan perizinan lainnya untuk uji terbang suborbital untuk pengujian kelima wahana antariksa Starship dan juga telah menyetujui profil misi Starship 6.

Pesawat ruang angkasa Starship dan roket Super Heavy adalah sistem yang sepenuhnya dapat digunakan kembali. Sistem wahan antariksa itu dirancang untuk membawa awak dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, dan sekitarnya.

Dikutip dari VOA, uji terbang kelima Starship/Super Heavy dari Boca Chica, Texas, mencakup penerbangan kembali ke lokasi peluncuran roket pendorong Super Heavy untuk upaya penangkapan di menara peluncuran, dan pendaratan kendaraan Starship di air di Samudera Hindia barat Australia.

FAA menyatakan, jika SpaceX memilih cara masuk yang tidak terkendali. Keputusan tersebut harus dikomunikasikan kepada FAA sebelum peluncuran, hilangnya kendaraan Starship akan dianggap sebagai peristiwa yang direncanakan, dan penyelidikan kecelakaan tidak akan diperlukan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: